Analisis Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Consumer Goods Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015-2018

Desti Aryani, Donna Arnika, Ni Putu Yeni Rahayu, susanti susanti

Abstract


Persaingan antar perusahaan industri sangatlah ketat tidak hanya pada persaingan domestik namun juga persaingan Internasional. Dengan adanya persaingan ini perusahaan dituntut harus dapat meningkatkan kinerjanya agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan sebagai entititas ekonomi lazimnya memiliki tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh laba secara maksimal dengan menggunakan sumber daya yang ada, sedangkan untuk tujuan jangka panjang perusahaan mengutamakan dengan memaksimalkan nilai perusahaan.

  

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu membutuhkan barang-barang yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan misal adalah makanan ringan, alat kebersihan, kosmetik dan keperluan rumah tangga demi terpenuhnya kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perusahaan industri barang konsumsi ini sangatlah banyak di Indonesia, terbilang pertumbuhannya pula sangat pesat. Selain itu perusahaan yang memproduksi barang-barang ini sangat mendukung perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu perusahaan ini harus menjaga kestabilan perusahaannya baik dari segi manajemen perusahaan, produksi, pemasaran, dan keuangannya.

Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi, dan meningkatkan kepercayaan pasar tidak hanya terhadap kinerja perusahaan saat ini namun juga pada prospek perusahaan di masa mendatang. Beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan berasal dari rasio keuangan. Memaksimalkan nilai perusahaan sangat penting artinya bagi suatu perusahaan, karena dengan memaksimalkan nilai perusahaan berarti juga memaksimalkan tujuan utama perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan adalah sebuah prestasi yang sesuai dengan keinginan para pemiliknya, karena dengan meningkatnya nilai perusahaan, maka kesejahteraan para pemilik juga akan meningkat.


Full Text:

Untitled PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.