PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DESA GUNUNG SARI KECAMATAN WAY KHILAU KABUPATEN PESAWARAN

Neni Purwati, Yurpan Hani, Felisita Klaralia

Abstract


Tridarma Perguruan Tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, selain itu juga bertujuan memberikan wawasan dan pengetahuan tentang penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat, program pengabdian ini diselenggarakan selama 6(enam) hari terhitung sejak tanggal 1 - 6 September 2018 di Desa Gunung Sari, adapun kegiatan yang telah dilakukan antara lain: pengembangan dan sosialisasi web desa, pengenalan pemasaran produk dengan media social atau e-Commerce dan pengenalan IT kepada siswa-siswi SDN 2 Way Khilau. Pelaksanaan pengabdian ini diselesaikan dalam tiga tahapan kegiatan yaitu persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Persiapan dilakukan dengan survey pendahuluan untuk mengetahui apa yang diperlukan oleh masyarakat. Pelaksanaan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dan melakukan sosialisasi/pengenalan dengan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, dilanjutkan dengan praktik langsung dibantu oleh tim, disertai dengan tanya jawab dan latihan yang dilakukan para peserta pelatihan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, para siswa-siswi, aparat desa dan masyarakat terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh tim, selain itu aparat desa dan masyarakat jadi tidak gagap teknologi.

Kata Kunci — Desa, Web Desa, e-Commerce, Pengenalan IT


Full Text:

PDF

References


T. Tambunan, “Center for Industry, SME and Business Competition Studies,” Trisakti Univ., 2010.

K. Sedyastuti, “Analisis Pemberdayaan UMKM dan Peningkatan Daya Saing Dalam Kancah Pasar Global,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/article/view/65/55.

M. Z. Abidin, “Tinjauan atas Pelaksanaan Keuangan Desa dalam Mendukung Kebijakan Dana Desa (Study of Implementation of Village Finance to Support Fund Village Policy),” J. Ekon. dan Kebijak. Publik, 2015.

H. Wibowo, “PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) MENUJU KOPERASI BERBASIS IT,” Maqdis J. Kaji. Ekon. Islam, vol. 3, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/152/158.

R. Pamungkas, Saifullah, Q. R. Pratama, and O. A. T. Cahyo, “Pemanfaatan Website DesaDalam Optimalisasi Informasi Publikkepada masyarakatdi Desa Kiringan,” DAYA -MAS Media Komun. Has. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://dayamas.unmermadiun.ac.id/index.php/dayamas/article/view/43/44.

F. Fattah and H. Azis, “Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar,” Ilk. Komput. Untuk Masyarakat), vol. 1, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://103.226.139.203/index.php/ILKOMAS/article/view/771/234.

Santoso, H. B., R. Delima, A. Wibowo, U. K. Duta, and W. Yogyakarta, “Pelatihan Pengembangan Web Profil Desa bagi Aparatur Pemerintah Desa,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, 2019, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.

A. D. Evasari, Y. B. Utomo, and D. Ambarwati, “Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri,” J. Pengabdi. Masy. Cendekia, vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.uniska-kediri.ac.id/index.php/CENDEKIA/article/view/603/501.

I. B. K. Sudiatmika, K. Q. Fredlina, N. L. P. Septyarini, and P. Astawa, “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk,” J. Karya Abdi, vol. 4, no. 1, 2020, [Online]. Available: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/10535/5887.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v4i01.3104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.