PENINGKATAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PRODUSEN TAS MELALUI PENDAMPINGAN PENCATATAN KEUANGAN DAN PERHITUNGAN HPP

Erwin Budianto, Mardiyani Mardiyani, Maiyaliza Maiyaliza

Abstract


Berkembangnya perekonomian Indonesia ditandai dengan banyaknya UMKM yang telah berdiri diberbagai daerah, Kabupaten Cirebon merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak Usaha mikro yang potensial, namun menghadapi permasalah paling klasik pada aspek keuangan. Banyak sekali UMKM yang masih lemah dalam hal pencatatan keuangan.. Kendala utama yang dihadapi adalah belum bisa menentukan harga pokok produksi yang sesuai dan belum adanya perencanaan keuangan yang baik bagi usahanya, sehingga pengelolaan keuangannyapun masih dilakukan secara “Management by Laci” tanpa ada catatan atau pembukuan yang rinci. Tujuan dari program ini adalah untuk memberdayakan UMKM agar mampu mengelola keuangan usahanya dengan efektif dan terencana, serta memberikan pemahaman kepada pelaku usaha akan pentingnya pencatatan keuangan UMKM dalam rangka mengambil keputusan keuangan yang lebih terarah. Kegiatan pemberdayaan UMKM dilaksanakan dalam kurun waktu 4 bulan yaitu dari bulan Nopember - Februari 2020. Lokasi kegiatan dilaksanakan di Desa Sindangkasih, kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon. Metode pemberdayaan masyarakat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participation Learning and action (PLA). Hasil yang didapatkan setelah dilaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM yaitu Pelaku Usaha Sudah Mampu menentukan Harga Pokok Produk dan menyusun laporan laba rugi per bulan januari.

Kata kunci:

kualitas laporan keuangan, pencatatan keuangan, penentuan HPP


References


Agi syarif hidayat et al. (n.d.). Meningkatkan Daya Saing UMKM Kicimpring melalui Program “Melek UMKM.” Ethos, 8 No. 1. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/5040

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. (2011). Jakarta: universitas indonesia.

Ikatan Akuntasi Indonesia. (2016). Explosure Draft Standar Akuntansi Keuangan-Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Jakarta: IAI.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Menristekdikti. (2016). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi X Tahun 2016.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v2i01.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.