SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE AHP DALAM PEMILIHANDOSENTELADAN DI AKADEMI KEBIDANAN ALIFA PRINGSEWU LAMPUNG

ANDRIAWAN -

Abstract


Unit Penjamin mutu AKBID ALIFA Pringsewu adalah sebuah unit yang bertugas untuk melaksanakan penjaminan mutu internal di Akademi Kebidanan Alifa Pringsewu Lampung, salah satu penjaminan mutu yang sedang dikembangkan adalah mutu proses beajar mengajar dalam hal ini dititik beratkan pada kinerja dosen. Oleh karena itu dibuat suatu penilaian dosen teladan dikalangan dosen tetap AKBID ALIFA Pringsewu. Dalam penentuan dosenTeladan oleh Unit Penjamin Mutu di AKBID ALIFA Pringsewu terdapat beberapa faktor yang menjadi penilaian. Penilaian ini berdasarkan penilaian kinerja dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi meliputi proses pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Demi efisiensi dan efektifitas kerja maka pengambilan keputusan yang tepat sangat diperlukan.

Penelitian inibertujuan untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan dosenTeladan dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP), dimana masing-masing kriteria dalam hal ini faktor- faktor penilaian dan alternatif dalam hal ini para dosen dibandingkan satu dengan yang lainnya sehingga memberikan output nilai intensitas prioritas yang menghasilkan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap setiap dosen.

Sistem pendukung keputusan ini membantu melakukan penilaian setiap dosen, melakukan perubahan kriteria,dan perubahan nilai bobot. Hal ini berguna untuk memudahkan pengambil keputusan yang terkait dengan masalah pemilihan dosenTeladan, sehingga akan di dapatkan dosen yang paling layak diberi reward.

 

Kata Kunci: Sistem pendukung keputusan, AHP, Penilaian Dosen

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


APTIKOM WILAYAH2