ANALISIS SWOT OBYEK DAN DAYA TARIK PARIWISATA PANTAI SARI RINGGUNG PROVINSI LAMPUNG OLEH

Ary Meizari, Erza Devin Nugraha

Abstract


Provinsi Lampung memiliki letak yang sangat strategis dalam dunia pariwisata. Hal ini dikarenakan Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang pulau Sumatra. Selain itu Provinsi Lampung memiliki potensi wisata yang cukup besar dan dapat dikembangkan   menjadi salah satu destinasi tujuan wisatawan baik skala nasional maupun internasional.

Salah satu obyek wisata  yang  memiliki  daya  tarik  wisata yaitu  pariwisata  pantai  sari  ringgung provinsi Lampung.Saat ini pariwisata pantai sari ringgung provinsi Lampung sedang mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan   yang   cukup   signifikan   pada tahun 2016. Hal ini disebabkan kurang optimalnya pengelola pantai sari ringgung dalam  melakukan  strategi-strategi pemasaran yang kurang efektif untuk mempengaruhi minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan  dari  penelitian  ini adalah untuk menganalisa kondisi lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap perencanaan strategi pemasaran pariwisata pantai sari ringgung provinsi Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan   analisis   data  menggunakan   matriks IFAS dan EFAS yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman.Berdasarkan analisis data serta pilihan strategi dapat disimpulkan bahwa hasil analisis strategi pemasaran berada dalam kondisi Rapid Growth Strategy. Diharapkan dengan menggunakan analisis pilihan strategi yang spesifik kondisi saat iniRapid    Growth    Strategy    hendaknya  Dimanfatkan  sebaik-baiknya agar dapat  meningkatkan  perekonomian  dalam Pariwisata Pantai Sari Ringgung Provinsi Lampung.

Kata kunci :    Analisis SWOT,  IFAS ,  EFAS

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id