Transformasi Kepemimpinan Dosen: Menghadapi Tantangan dan Mengoptimalkan Peluang Teknologi dalam Pendidikan
Abstract
Di era yang semakin maju ini, perkembangan teknologi telah meliputi hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa dampak positif yang luar biasa dalam cara kita belajar, mengajar, dan berbagi pengetahuan. Peran dosen sebagai pemimpin akademik dalam menghadapi perkembangan teknologi menjadi sangat penting. Dalam konteks ini, dosen perlu terus beradaptasi dengan perubahan zaman, termasuk perubahan teknologi. Transformasi kepemimpinan dosen merupakan salah satu kunci utama dalam mengoptimalkan potensi pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang teknologi.
Transformasi kepemimpinan dosen melibatkan perubahan dalam sikap, keterampilan, dan pendekatan dosen dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pembelajaran. Transformasi diperlukan karena pandemi Covid-19 telah mendorong perkembangan teknologi yang eksponensial yang kemudian mengubah lanskap pendidikan (McCarthy, 2023; Brasca et al., 2022; Unicef, 2021; OECD, 2020). Dalam era ini, teknologi memberikan peluang yang tak terbatas untuk memperluas akses pendidikan, meningkatkan efisiensi proses pembelajaran, dan mendorong kolaborasi yang lebih luas. Transformasi kepemimpinan dosen melibatkan adaptasi, perubahan paradigma, dan penggunaan teknologi serta praktik terkait untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih baik dan relevan bagi mahasiswa (Holmes et al., 2022; Hashim et al., 2021).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:
PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA
Diatur Oleh:Â Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh:Â IIB Darmajaya
Alamat:Â Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website:Â jurnal.darmajaya.ac.id
E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id
                             Â
Â