Implementasi Metode (Topsis) Pada Seleksi Penerimaan Calon Perawat

Sekar Dana Chiatra, Iswatun Hasanah, Evani Putri Widianti, Satrio Bagas Pratama, Sri Lestari

Abstract


Kualitas perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien sangat penting, karena jika penanganan perawat kurang baik, maka kualitas suatu instansi rumah sakit juga akan berkurang. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan proses seleksi penerimaan calon perawat sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh instansi rumah sakit. Namun, untuk proses penerimaan calon perawat masih banyak instansi yang melakukan proses penyeleksian secara manual. Selain membutuhkan waktu yang lama, proses penerimaan secara manual juga memungkinkan untuk terjadinya kecurangan pada tim penilai dan kesalahan perhitungan nilai dalam menentukan perawat yang sesuai dengan kiteria yang ditentukan. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat bantu yang menunjang proses penerimaan calon perawat yang lebih baik. Sistem penunjang keputusan yang diimplementasikan dalam penelitian ini menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dengan tahapan yang dimulai dari penentuan kriteria dan alternatif yang akan digunakan, pemberian bobot preferensi untuk setiap kriteria, membentuk matriks keputusan ternormalisasi dari kriteria yang telah diberi bobot, mencari matriks ternomalisasi berbobot, mencari matriks solusi ideal positif dan negatif, menentukan jarak antara nilai setiap alternatif dengan matriks solusi ideal, dan yang terakhir menentukan nilai preferensi pada setiap alternatif untuk melakukan perangkingan. Tools yang digunakan yaitu Ms. Excel untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan serta mendapatkan suatu keputusan berdasarkan nilai preferensi dan perangkingan dengan tingkat akurasi yang baik, cepat da lebih efisien.

 

Keywords :Penerimaan Calon Perawat; Topsis; Excel.


Full Text:

PDF

References


Bintara, W. S. (2022). Pengertian Microsoft Excel – Definisi, Sejarah, Fungsi, Format Ekstensi. Dianisa.Com.

Media, A. (2022). Pengertian Topsis Menurut Ahli dan Contohnya. Creator Media.

Nasution, K., & Hanum, L. (2020). Penerapan Metode Technique for Order By Similarity To Ideal Solution (Topsis) Dalam Menentukan Game Online Paling Digemari. Buletin Utama Teknik, 15(2), 142–146.

Saretta, I. R. (2020). SPK, Lebih Andal dan Akurat dalam Mengambil Keputusan. Cermati.Com.

Sari, R. E. (2015). Metode Fuzzy Simple Additive Weighting ( Saw ) Untuk Seleksi Penerimaan Karyawan. 128–133.

Sukerti, N. (2015). Penerapan Fuzzy Topsis Untuk Seleksi Penerima Bantuan Kemiskinan. Jurnal Informatika, 15(2), 127–140.

Syafnidawaty. (2020). METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION). Universitas Raharja.

Trise Putra, D. W., Santi, S. N., Swara, G. Y., & Yulianti, E. (2020). Metode Topsis Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Objek Wisata. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.21063/jtif.2020.v8.1.1-6

Wahyuni, E. G. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pegawai dengan Metode TOPSIS. Jurnal Sains, Teknologi Industri, 14(1), 108–116.

Yuli, Y. I. (2021). Analytical Hierarchy Process Method Untuk Sistem Keputusan Penerimaan Calon Perawat Di Rumah Sakit Bumi Waras Bandar …. Jurnal Portal Data, 2(1), 1–18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id