Implementasi Algoritma K-Means Classifier Sebagai Pendukung Keputusan Klasifikasi Penerima Dana Bantuan Siswa Miskin (Studi Kasus : SMKN Sukoharjo)

Aviv Fitria Yulia, Handoyo Widi Nugroho

Abstract


Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Kemiskinan merupakan sebuah kondisi yang berada di bawah garis nilai standar kebutuhan minimum, baik untuk makanan dan non makanan,Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) adalah program yang bertujuan untuk menghilangkan halangan siswa miskin untuk bersekolah,masalah yangterjadi di SMKN SUKOHARJO yaitu pihak sekolah mengalamikesulitan dalam penentuanpenerima Bantuan Siswa Miskin(BSM), hal ini dikarenakanbanyaknya kriteria yang harus di pertimbangkan dalam menentukan penerima bantuan seperti: jumlah siswa yaitu berjumlah 1044 siswa, penghasilan orang tua, beban orang tua, jarak tempuh, dan nilai siswa. membangun sistem seleksi penerima beasiswa di SMKN SUKOHARJO dengan proses selektif dan tepat sasaran.teknik pemanfaatan data disebut juga Data Mining.Salah satu metode Data mining yang cukup populer yaitu clustering dengan menggunakan algoritma K-Means. K-Means dapat mengolah data tanpa diberitahu lebih dahulu label kelasnya.Penelitian ini akan menghasilkan tiga kelompok : layak menerima bantuan, dipertimbangkan menerima bantuan, tidak layak menerima bantuan. Pengolahan data seleksi penerimaan dana bantuan menggunakan algoritma K-Means mendapatkan hasil Davies bouldin indeks sebesar 0,262.Hasil tersebut dinilai cukup baik sebab semakin dekat hasil yang diperoleh dengan angka nol, maka kemiripan data anggota antar cluster semakin baik.

Keywords: Data Mining; K-Means


Full Text:

PDF

References


Andriani, A. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Decision Tree Dalam Pemberian Beasiswa Studi Kasus : Amik “ Bsi Yogyakarta .” Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2013 (SENTIKA 2013), 2013(Sentika), 163–168.

Khan, I. A., &Choi, J. T. (2014). An application of educational data mining (EDM) techniqueforscholarshipprediction. International Journal of Software Engineering and Its Applications, 8(12), 31–42.

Wicaksono, A. E. (2016). Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Peserta Didik di Sekolah untuk Memprediksi Calon Penerima Beasiswa Dengan Menggunakan Algoritma K-Means (Studi Kasus SMA N 6 Bekasi). Jurusan Teknik Informatika, Universitas Gunadarma, 21(3), 208.

Kusnawi. (2012). Pengantar solusi data mining. Seminar Nasional Teknologi 2012(SNT 2012), 2012(November), 1– 9

Hijriana, N., Studi, P., Informatika, T., & Islam, U. (2017). Penerapan Metode Decision Tree Algoritma C4 . 5.

MAURINA, D. (2015). Penerapan Data Mining Untuk Rekomendasi Beasiswa Pada Sma Muhammadiyah Gubug Menggunakan Algoritma C4.5.

Utomo Pramudi. (2013). Analisis Kontribusi Pemberian Beasiswa Terhadap Peningkatan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Rismayanti. (2016). Implementasi algoritma c4.5 untuk menentukan penerima beasiswa di stt harapan medan, 12(2), 116–120.

Achmad Basuki, I. S. (2009). Decision Tree. ReviewLiteratureAndArtsOf The Americas.

Shella, P. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Decission Tree Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Di SMPN 2 Rembang) Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Decission Tree Di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMPN 2 Rembang)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id