Dampak Inklusi Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Dan Financial Technology Di IIB Darmajaya

Anik Irawati, Dedi Putra, Pebrina Swissia

Abstract


Pengetahuan dan pemahaman tentang keuangan pribadi dibutuhkan individu agar dapat membuat keputusan yang benar dalam keuangan, sehingga mutlak diperlukan setiap orang dapat secara optimal menggunakan instrumen-instrumen serta produk-produk keuangan yang tepat. Kurangnya pengetahuan mengenai literasi keuangan menjadi masalah serius dan menjadi tantangan besar bagi masyarakat di Indonesia. Edukasi keuangan adalah proses panjang yang memacu individu untuk memiliki rencana keuangan di masa depan demi mendapatkan kesejahteraan sesuai dengan pola dan gaya hidup yang dijalani. Literasi Keuangan mahasiswa di Indonesia yang hanya mencakup 23,4 persen, angka ini menunjukkan bahwa penggunaan produk-produk keuangan pada mahasiswa tidak diimbangi dengan pengetahuan dan pemahaman dalam penggunaan produk tersebut, hal ini menunjukkan bahwa tingkat literasi mahasiswa di Indonesia sangat rendah (ojk.ac.id, 2019). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh literasi keuangan dan financial technology terhadap inklusi keuangan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di IIB Darmajaya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Literasi Keuangan dan Financial Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Inklusi Keuangan Mahasiswa di IIB Darmajaya.

Keyword: Inklusi Keuangan, Literasi Keuangan, Financial Technology


Full Text:

PDF

References


Alimirruchi, W. (2017). Analyzing operational and financial performance on the financial technology (Fintech) firm.[Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro.

Atkinson, A., & Messy, F. (2012). Measuring financial literacy: results of the OECD / International Network on Financial Education (INFE) pilot study. Organization for Economic Cooperation and Development.

Bank Indonesia[BI]. 2014. Booklet Keuangan Inklusif. Jakarta (ID): Bank Indonesia.

Lusardi, 2010. Financial Literacy Among The Young. Journal of Consumer Affairs Volume 44 Issue 2

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Financial literacy and retirement preparedness: evidence and implicants for financial education. Journal of National Association for Business Economic, 35 - 44.

Mendari dan Kewal, (2013). Tingkat Literasi Keuangan di Kalangan Mahasiswa STIE Musi. Jurnal Economia, 9 (2), 130-140

OECD. (2018). OECD / INFE Toolkit For Measuring Financial Literacy AND. May.

Otoritas Jasa Keuangan[OJK]. 2016. Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.

Otoritas Jasa Keuangan[OJK]. 2016. Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan untuk konsumen dan/atau, masyarakat.

Otoritas Jasa Keuangan[OJK]. 2016. Survei Nasional Literasi dan Keuangan Inklusi Keuangan 2016. Otoritas Jasa Keuangan[OJK]. 2017. Revisit Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia.

Otoritas Jasa Keuangan[OJK].2017. Kuliah Umum tentang Financial Technology di Indonesia.

Putri, N. M., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh tingkat financial literacy dan faktorsosiodemografi terhadap perilaku keputusan investasi individu. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 3407 -

Welly, K., & Juwita, R. (2016). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan TerhadapKeputusan Investasi di STIE Multi Data Palembang. STIE Multi Data.

Xu, L. and Zia, B. (2012) Financial Literacy around the World: An overview of the Evidence with Practical Suggestions for the Way Forward, Policy Research Working paper 6107. Washington: World Bank


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id