Implementasi Metode Simple Additive Weighting Penentuan Calon Penerima Bantuan Langsung Tunai

Yuntriani Yuntriani, Elvia Fajarwati

Abstract


Bantuan Langsung Tunai merupakan komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat kurang mampu, dan untuk peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari keluarga kurang mampu, dengan bantuan langsung tunai dapat membantu masyarakat untuk memmenuhi kebutuhan hidup sehari - hari. Tanggung jawab pemerintah khusunya di pedesaan adalah masalah yang harus dihadapi oleh pemerintahan desa, khususnya Kepala Desa adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap penduduk di desa, dan kepala desa adalah pejabat pemerintah ditingkat desa yang mendapatkan tugas untuk membagikan bantuan langsung tunai, Dana bantuan langsung tunai bersumber dari Dana Desa yang telah disalurkan pemerintah pusat untuk membantu masarakat desa yang terdampak oleh perokonomian yang tidak stabil. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menentukan calon penerima Bantuan Langsung Tunai dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode Simple Additive Weighting digunakan karena metode ini menghubungkan nilai attribut, dimana nilai harus dipangkatkan dengan nilai bobot attribut yang bersangkutan. Dalam menentukan calon penerimaan Bantuan Langsung Tunai, banyak sekali kriteria - kriteria yang harus dimiliki oleh Masyarakat sebagai syarat dalam mendapatkan Bantuan Langsung Tunai. Kriteria – kriteria yang digunakan yaitu , ukuran luas rumah, lantai rumah, dinding rumah, fasilitas MCK, daya listrik rumah, sumber air, bhan bakar masak, konsumsi daging, pakaian, jumlah makan per hari Jumlah warga penerima BLT 29 kepala keluarga dari 50 Kk,. Dari Hasil Uji 50 Alternative didapatkan hasil V1 dengan nilai diatas 0,5 sebagai alternativ terpilih sebagai penerima bantuan langsung tunai.

Kata kunci: Bantuan Langsung Tunai, Sistem Pendukung Keputusan, Lampung Utara


Full Text:

PDF

References


R. Tejasukmana Putra, S. Adi Wibowo, and Y. Agus Pranoto, “SISTEM PENDUKUNG

KEPUTUSAN PENERIMAAN BLT DI KECAMATAN SAMPANG MENGGUNAKAN METODE SAW DAN METODE AHP BERBASIS WEB,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol.

, no. 1, pp. 321–327, 2021, doi: 10.36040/jati.v5i1.3236.

I. Akib and R. Risfaisal, “Bantuan Langsung Tunai,” Equilib. J. Pendidik., vol. 3, no. 2, 2017, doi: 10.26618/equilibrium.v3i2.283.

R. Astuti and U. Mukaromah, “Model Manajemen Sistem Pendukung Keputusan Metode Simple Additive Weighting untuk Program Bantuan Langsung Tunai di Desa Luwungbata,” Media Inform., vol. 19, no. 3, pp. 88–97, 2021, doi: 10.37595/mediainfo.v19i3.47.

F. Susanto, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed., no. 1. Yogyakarta: Deepublish,

[Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=YcMXEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ferry+susant o&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj4p8WK4_HuAhWS9nMBHalBBZIQ6AEwAHoECAUQAg#v =onepage&q=ferry susanto&f=false

F. Susanto and N. Marisa, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Metode Simple Additive Weighting,” J. Cendikia, vol. 19, no. 1, 2020.

F. Susanto, Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan, Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2020. [Online]. Available: https://www.google.co.id/books/edition/Pengenalan_Sistem_Pendukung_Keputusan/YcMXEAA AQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengenalan+sistem+pendukung&printsec=frontcover

F. Susanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa / i Lulusan Terbaik Di Sekolah

Menengah Kejuruan Negeri 1 Kotabumi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” vol. 02, no. 01, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id