Perspektif Green Packaging Dan Green Advertising Dalam Mengkonsumsi AMDK

Yusminar Wahyuningsih, Cahyani Pratisti, Viola De Yusa, Niken Paramitasari

Abstract


Gelombang pemasaran hijau semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsumen AMDK dari segi perspektif green packaging dan green advertising. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi AMDK di Bandar Lampung dengan total responden sebanyak 98 orang dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green packaging dan green advertising mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi AMDK. Hal ini menunjukkan bahwa pihak AMDK telah melakukan green packaging dengan cara memberikan kupon, undian, potongan harga, dan cashback sehingga mampu memenuhi keputusan pembelian konsumen..

 

Keywords : Green packaging, Green advertising, AMDK, Keputusan pembelian.


Full Text:

PDF

References


Antaranews.com. (2021). Kemenkes: Air isi ulang dominasi konsumsi rumah tangga di Indonesia. Diambil dari < https://www.antaranews.com/berita/2076958/kemenkes-air-isi-ulang-dominasi-konsumsi-rumah-tangga-di- indonesia>.

Banerjee, S., Gulas, C.S., Iyer, E. (1995). Shades of Green: A Multidimensional Analysis of Environmental Advertising. Journal of Advertising. Vol. 24 No. 2, pp. 21-31.

https://doi.org/10.1080/00913367.1995.10673473.

Canny, I. U. (2014). Measuring the Mediating Role of Dining Experience Attributes on Customer Satisfaction and Its Impact on Behavioral Intentions of Casual Dining Restaurant in Jakarta. International Journal of Innovation, Management, and Technology, 5(1), 25-29. DOI: 10.7763/IJIMT 2014.V5.480.

Draskovic, N., Temperly, J., Pavicic, J. (2009). Comparative Perception of consumer goods packaging: Croatian Consumers’ Perspective. International Journal of Management Cases. Vol. 11 No. 2. Hal. 154-163.

Ekonomi.bisnis.com. (2022). Industri Air Minum Kemasan Diproyeksi Tumbuh 5 Persen Tahun 2022. Diambil dari

.

Indopremier.com. (2020). Prospek Industri AMDK Cukup Cerah. Namun Terbentur Isu Lingkungan. Diambil oleh

_Namun_Terbentur_Isu_Lingkungan&news_id=124321&group_news=IPOTNEWS&news_date=&taging

_subtype=PG002&name=&search=y_general&q=,&halaman=1>.

Infobrand.id. (2022). Eksistensi Air Minum Dalam Kemasan di Ranah Digital Aqua Pegang Kendali. Diambil dari < https://infobrand.id/eksistensi-air-minum-dalam-kemasan-di-ranah-digital-aqua-pegang-kendali.phtml>.

Kotler, P., Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Laroche, M., Papadopoulos, N., Heslop, L.A., Mourali, M. (2005). The Influence of Country Image Structure on Consumer Evaluations of Foreign Products. International Marketing Review. Vol. 22 No. 1, pp. 96- 115. https://doi.org/10.1108/02651330510581190.

Lestari, R. D., Yulisetiarini, D. Sriono. (2015). Pengaruh Green Product, Green Brand, Dan Green Advertising Terhadap Keputusan Membeli Air Minum Kemasan Botol Merek Aqua Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Fakultas Ekonomi, Universitas Jember. Diambil dari < https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/64329>.

Marketeers.com. (2020). Lima Cara Cleo Hadapi Tantangan di Industri AMDK. Diambil dari < https://www.marketeers.com/lima-cara-cleo-hadapi-tantangan-di-industri-amdk>.

Santoso, I., Fitriyani, R. (2016). Green Packaging, Green Product, Green Advertising, Persepsi, dan Minat Beli Konsumen. Jur. Ilm. Kel. & Kons. Vol. 9 No.2, p : 147-158.

Sehatq.com. (2020). Mengkonsumsi Air Minum dalam Kemasan Perlu Mengingat Hal-Hal ini. Diambil dari < https://www.sehatq.com/artikel/mengonsumsi-air-minum-dalam-kemasan-perlu-mengingat-hal-hal-ini>.

Yanti, C.F. 2010. Alasan-Alasan Konsumen Melakukan Pembelian Air Minum Kemasan Merek Aqua. Skripsi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.melihat berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika konsumsi AMDK semakin banyak. Diambil dari .

Zinkhan, G. M., & Carlson, L. (1995). Green advertising and the reluctant consumer. Journal of Advertising Vol 24, No.2, pp 1–6. https://doi.org/10.1080/00913367.1995.10673471.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id