Penerapan Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Sidang dan Seminar IIB Darmajaya

Anggi Andriyadi, Halimah Halimah, Dona Yuliawati, Sushanty Saleh

Abstract


Algoritma genetika merupakan sebuah algoritma semiheuristik untuk memecahkan sebuah masalah dengan solusi yang optimal. Algoritma genetika menggunakan konsep genetika dan permutasi gen dan dna tubuh makhluk hidup, dimana ketika sebuah makhluk hidup bereproduksi, maka akan terjadi proses silang antar gen dan perubahan mutase, sehingga akan menghasilkan individu yang baru yang lebih baik daripada individu induknya. Algoritma genetika bekerja seperti metode reproduksi tersebut, dimana solusi terhadap sebuah masalah akan dikumpulkan lalu disilangkan untuk mendapatkan solusi yang terbaik terhadap suatu masalah yang dikemukakan. Algoritma genetika telah banyak digunakan untuk sistem pengambilan keputusan, penjadwalan, pencarian jarak terdekat dan masalah lainnya dengan tingkat akurasi diatas 88%, sehingga cukup optimal untuk diterapkan pada permasalahan penjadwalan seminar dan sidang skripsi yang dialami oleh program studi di Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Penjadwalan seminar dan proposal masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi redudansi dan perbenturan jadwal. Sehingga ada mahasiswa yang mendapatkan dua jadwal seminar atau proposal yang sama, atau mendapatkan jadwal yang bersamaan dengan jadwal mahasiswa lainnya, sehingga jadwal yang dikeluarkan tidak optimal. Penelitian ini akan menjawab bagaimana algoritma genetika dapat dioptimalkan untuk menyelesaikan masalah penjadwalan, dengan mengeluarkan produk sistem penjadwalan otomatis dengan menggunakan algoritma genetika.

 Keywords: Algortima Genetika; Semiheuristik; Penjadwalan

.


Full Text:

PDF

References


Admi Syarif. (2014). Algoritma Genetika - Teori dan Aplikasi Edisi 2 (2nd ed., Vol. 2). Graha Ilmu.

Hasan, U., Iman Hermanto, T., & Rafi Muttaqin, M. (2018). Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Algoritma Genetika Di STT Wastukancana Purwakarta. Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI) , 8(2), 108–119. https://doi.org/https://doi.org/10.34010/jati.v8i2.1040

Judah Suryaputra, Chairisni Lubis, & Tri Sutrisno. (2018). Pemilihan Crossover pada Algoritma Genetika Untuk Program Aplikasi Pengenalan Karakter Tulisan Tangan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKSI), 6(1), 69–72. https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi

Kurnia, N., Wayan, M., Mahmudy, F., & Matematika, J. (2006). Optimasi Penjadwalan Ujian Menggunakan Algoritma Genetika. 2(2), 1–8.

Purwati, N., Halimah, H., & Rahardi, A. (2018). Perancangan Website Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 1(1), 71-80.

Nining Suryani, & Evy Priyanti. (2019). Optimasi Naïve Bayes Dan Algoritma Genetika Untuk Prediksi Penerimaan Beasiswa Pendidikan Pada SMP Utama. Jurnal Teknik Komputer Amik BSI, V(2), 189–196. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Permadi, I., & Subanar. (2010). Penerapan Algoritma Genetika untuk Optimasi Penjadwalan Tebangan Hutan (Applying of Genetic Algorithm for Scheduling Optimation Cuts Away Forest). JUITA, 1, 19–27.

Ratulangi, D. R. G., Balai, S., & Sulawesi, W. S. (2019). Penerapan Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penawaran Biaya Pekerjaan Konstruksi Dengan Bantuan Software Matlab. In Jurnal Ilmiah Media Engineering (Vol. 9, Issue 1).

Sarwadi, & Anjar KSW. (2004). Algoritma Genetikauntuk Penyelesaian Masalah Vehicle Routing. Jurnal Matematika Dan Komputer, 7(2), 1–10.

Sri Kusumadewi. (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya) (Graha Ilmu, Ed.; 1st ed.). Graha Ilmu. Suwirmayanti, N. L. G. P., Sudarsana, I. M., Darmayasa, S., No, S. S. B. J. R. P., Denpasar, R., & Komputer, P. S.

S. (2016). Penerapan Algoritma Genetika Untuk Penjadwalan Mata Pelajaran. Journal of Applied Intelligent

System, 1(3), 220–233. https://doi.org/10.33633/JAIS.V1I3.1255

Zainuddin Zukhri. (2014). Algoritma genetika : Metode komputasi evolusioner untuk menyelesaikan masalah optimasi / Zainuddin Zukhri (1st ed., Vol. 1). Andi Publisher. https://library.unismuh.ac.id/opac/detail- opac?id=9041


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id