Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Murid Terbaik Pada Tempat Kursus Bahasa Inggris Mr. Bob Menggunakan Metode AHP

Alpenda Yuda Utama, Yulmaini Yulmaini

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan dalam proses pemilihan siswa terbaik. Proses pemilihan mahasiswa terbaik pada mata kuliah Mr BOB saat ini dilakukan dengan melihat raport mahasiswa sehingga kurang tepat dalam mengambil keputusan dalam memilih mahasiswa terbaik. Masalah yang terjadi pada sistem yang ada saat ini adalah kurangnya informasi pendukung, cukup membuang waktu kurang lebih 30 menit dalam rekapitulasi karena harus merekap nilai satu persatu, dan tidak ada laporan penilaian siswa terbaik menurut Bpk. kebutuhan BOB. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu sistem pendukung keputusan dalam memilih siswa terbaik dengan menggunakan metode AHP. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai, absensi, dan perilaku. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan siswa terbaik dengan menggunakan metode AHP, yang bertujuan untuk memudahkan Bapak BOB dalam memperoleh keputusan yang baik dalam memilih siswa yang pantas menyandang predikat siswa terbaik, serta menghasilkan laporan penilaian yang sesuai untuk kebutuhan Mr.BOB.

 

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Prototype, PHP, Black Box


Full Text:

PDF

References


Efraim Turban and Jay E Aronson (2015) Decission Support System and Intelligent System. Yogyakarta: Andi Offset.

Fahmi, Z. and Dika, F. (2019) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi; Metode Profile Matching’, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 1(1), pp. 30–37. doi: 10.47233/jteksis.v1i1.4.

Fitria and Mustika, D. (2011) ‘Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemeringkatan Koperasi Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) (Studi kasus pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi Kota Metro,lampung)’, Jurnal Informatika, 11(1), pp. 90–103.

Fitriana, J., Ripanti, E. F. and Tursina (2018) ‘Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dengan

Metode Profile Matching ( Studi Kasus : Fakultas Teknik UNTAN )’, Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 6(4), pp. 157–164.

Fransiska, H. and Yulmain (2019) ‘Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Untuk Mengikuti Olimpiade Sains dengan Metode AHP Dan Topsis’, Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian, pp. 201–214.

Jogiyanto, H. . (2014) Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Linda, D. and Rahardi, A. (2014) ‘PEMANFAATAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS UNTUK PROSES PEMBIMBING AKADEMIK (STUDI KASUS IBI DARMAJAYA)’, Proseding Seminar Bisnis & Teknologi, pp. 15–

Pressman, R. . (2015) Pendekatan Praktisi Rekayasa Perangkat Lunak. 7th edn. Yogyakarta: Andi.

Rosa, A. . and Shalahudin, M. (2018) Rekayasa Perangkat Lunak Software Engineering. Bandung: Informatika.

Runiyah and Ningsih, T. K. (2020) ‘SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA BERPRESTASI MENGGUNAKAN METODE AHP DAN TOPSIS (PADA SD NEGERI BATU JAYA TANGERANG)’, Jurnal PROSISKO, 7(2), pp. 141–149.

Saaty (1983) The Analytic Hierarchy Process. New York: McGraw.

Saleh, S. (2013) ‘PENERAPAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN PADA IBI DARMAJAYA’, Jurnal Informatika, 13(2), pp. 109–120.

Sidharta (2015) Media Pembelajaran Menggunakan Dreweaver. Palembang: Maxicom.

Simanjorang, R. M., Hutahaean, H. D. and Sihotang, H. T. (2017) ‘Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga’, J. Inform. Pelita Nusant., 2(1), pp. 22–31.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik et al. (2018) ‘Implementasi Multi Attribute Decision Making Metode AHP dan TOPSIS untuk Menunjang Keputusan dalam Hal Penerimaan Pekerja (Studi Kasus: PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kanwil Bandar Lampung)’, Seminar Nasional Teknologi dan Bisnis, pp. 418–431.

Yuliawati, D. (2014) ‘PENERAPAN METODE AHP DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMETAAN JABATAN STRUKTURALKARYAWAN (STUDI KASUS IBI DARMAJAYA)’, Proseding Seminar Bisnis & Teknologi ISSN, pp. 15–

Yuliawati, D. and Sanusi, A. (2015) ‘PEMODELAN EVALUASI KINERJA SUPPLIER DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA LAYANAN OBAT RUMAH SAKIT’, Jurnal TIM Darmajaya, 01(01), pp. 49–68.

Yuliawati, D. and Wasilah (2012) ‘SISTEM PENILAIAN KINERJA DOSEN PNS.Dpk DI LINGKUNGAN KOPERTIS WIL II MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERACHY PROCESS (AHP)’, Jurnal Informatika, 12(2), pp. 180–189.

Yulmaini et al. (2020) Sistem Penunjang Keputusan Implementsi Multi Attibute Decision Making (MDAM). Bandar Lampung: Darmajaya (DJ) Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id