Blueprint Enterprise Architecture Sistem Akademik Sekolah Berbasis Zachman Framework

Dewi Herliah, Sutedi Sutedi

Abstract


Kerangka kerja Zachman merupakan kerangka kerja untuk memetakan hubungan antara komponen enterprise terhadap level arsitektur yang menjadi perhatian pihak - pihak yang berkepentingan dengan Enterprise Architecture. Sehingga jika dipetakan ke dalam kerangka kerja Zachman, EAP akan berada di baris pertama dan baris kedua yang merupakan perspektif perencanaan dan pemilik. Sedangkan aspek yang dibahas dalam EAP berada pada tiga kolom dari kerangka kerja Zachman, yaitu meliputi data, fungsi dan jaringan arsitektur sistem informasi. EAP sangat penting di terapkan di sebuah organisasi agar implementasi teknologi dapat berjalan sesuai dengan goal dan arah organisasi. SMA Negeri 9 Bandar Lampung merupakan organisasi di lingkungan sekolah yang juga memiliki kepentingan dalam impelementasi Teknolog Informasi, SMAN 9 Bandar Lampung secara khusus membutuhkan suatu aplikasi perencanaan yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan SMAN 9 Bandar Lampung dalam bidang akademik. Sejauh ini, sekolah telah memanfaatkan penggunaan TIK untuk mengolah data guru, mengolah data siswa, mengolah buku besar, dan mengolah. jenis. Namun hal ini masih terjadi secara sporadis dan proses perencanaan pengembangan TIK yang belum terstruktur dengan baik, sehingga terjadi ketidaklengkapan atau hilangnya data bidang akademik pada saat proses input. Dengan di susunnya Arsitektur enterprise dengan menggunakan kerangka kerja zachman yang terdiri dari arsitektur di tingkat akademik, maka di harapkan proses pengembangan sistem akan sesuai dengan kebutuhan dan dapat mengatasi permasalahan yang di hadapi oleh SMA Negeri 9 Bandar Lampung

Keywords: Zachman Framework; EAP; Enterprise Architecture


Full Text:

PDF

References


Christianti, Noviana, and Harisno. 2017. “Information System Strategic Planning in PT XYZ.” Proceedings - 2017 International Conference on Applied Computer and Communication Technologies, ComCom 2017 2017- Janua: 1–8.

Iakovlev, Roman, Irina Vatamaniuk, and Dmitrii Malov. 2019. “Architecture Transformation of the Corporate Information Providing System for a Scientific Organization.” In Proceedings - International Conference on Developments in ESystems Engineering, DeSE, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 873–78.

Kristanto, Titus. 2016. “Enterprise Architecture Planning Untuk Proses Pengelolaan Manajemen Aset Dengan Zachman Framework.” Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi 2(2): 98.

Muslih, Muhamad et al. 2020. “Implementation of Impact Zachman Framework on Internship Architecture Data Management.” In 6th International Conference on Computing, Engineering, and Design, ICCED 2020, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc.

Sunarto, Agus, and Zainal a Hasibuan. 2017. “Model Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Industri Penyiaran Televisi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dan Balanced Scorecard.” Jurnal Sistem Informasi MTI UI 3(2): 31–40.

Widiati, Ina Sholihah, Ema Utami, and Henderi Henderi. 2015. “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Sekolah Islam Terpadu.” Creative Information Technology Journal 2(4): 329–40. https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/59.

Yudhistyra, Wecka Imam, and Eko Nugroho. 2014. “Lima Metode Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Untuk Pengembangan E-Goverment.” Jurnal Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014 (Sentika): 240–41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id