Pengukuran Kepuasan Konsumen Rumah Sakit Umum Daerah

Muhammad Saputra, Novita Sari, Jerry Kriswantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah X sebagai alat pengukuran kepuasan konsumen atas kinerja layanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode fuzzy, yang digunakan untuk mengetahui nilai kesesuaian antara persepsi dan harapan dari kualitas pelayanan yang diberikan Rumah Sakit Umum  Daerah X. Hasil analisis data ditemukan gap defuzzyfikasi secara keseluruhan menunjukan nilai negatif yaitu - 0,05 yang berarti bahwa apa yang diharapkan pelanggan (pasien) belum sepenuhnya sesuai dengan apa yang diperoleh pelanggan (pasien) di Rumah Sakit Umum Daerah X

 

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Fuzzy


Full Text:

PDF

References


Ariska, N. K. S. and Handayani, M. M. (2019) ‘Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Bangli Medika Canti Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Equilibrium, 5(1), pp. 17–30. doi: 10.47329/jurnal_mbe.v5i1.322.

Baan, R. R. S. (2020) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar’, Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 5(1), pp. 45–52. doi: 10.24967/ekombis.v5i1.591.

Nafisa, Ji. and Sukresna, I. (2018) ‘Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harapan Kinerja dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)’, Diponegoro Journal of Management, 7(3), pp. 1–27.

Nugraha, M. and Sumadi, S. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), p. 97. doi: 10.36982/jiegmk.v11i2.1190.

Purnama, S. (2022) ‘The Effect Of Service Quality On Inpatient Satisfaction At X Hospital’, Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1), pp. 53–59. Available at: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

Putri, D. I. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pasien pada Rumah Sakit Fatma Medika Kabupaten Gresik’, Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), pp. 63–70. doi: 10.21107/jsmb.v6i2.6683.

Reswari, R. A. (2021) ‘Analisis Keadilan Layanan Pada Kepuasan Pasien BPJS Golongan I di Rumah Sakit Pemerintah Tipe B Kalimantan Barat’, Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 9(2), pp. 118–132. doi: 10.26418/ejme.v9i2.45547.

Sektiyaningsih, Indria Sukma; Haryana, Arif; Rosalina, S. S. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Citra, dan Loyalitas Pasien (Studi pada Unit Rawat Jalan RSUD Mampang Prapatan Jakarta Selatan)’, Journal Business Studies, 04(1), pp. 174–175.

Sikumbang, E. D. (2017) ‘Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Fuzzy Servqual’, jurnal Teknik Komputer amik bsi, III(1), pp. 37–43.

Sulistyo, A. and Gumilar, A. (2019) ‘Studi Citra Rumah Sakit Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Sakit Awal Bros Tangerang’, JMB : Jurnal Manajemen dan Bisnis, 8(2). doi: 10.31000/jmb.v8i2.1604.

Sumadi et al. (2021) ‘Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan (Studi Kasus di Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret Surakarta)’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), pp. 1774–1784. Available at: http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie.

wilhelmina kosnan (2019) ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN MERAUKE Wilhelmina Kosnan 1 * 1’, Ekonomi, Jurnal Magister, Pascasarjana Universitas, Manajemen Soedirman, Jendral, 21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id