Analisis Buying Interest Konsumen E-Commerce

Sunarmo Sunarmo, Khaesar Diptha Auliansyah

Abstract


Setiap perusahaan senantiasa menggunakan strategi dan kinerja pemasaran yang optimal untuk meningkatkan penjualan produknya, tidak terkecuali entitas bisnis digital seperti e-commerce. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh digital marketing, e-service quality, advertisement terhadap bying interest yang dimoderasi oleh digital literacy baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian bersifat kuantitatif dengan metode path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing, e- service quality berpengaruh positif signifikan terhadap digital literacy, sementara itu advertisement tidak berpengaruh signifikan. Digital marketing, E-service quality, digital literacy tidak berpengaruh signifikan terhadap buying interest, sedangkan advertisement berpengaruh signifikan. Adapun digital marketing, e-service quality yang dimoderasi oleh digital literacy berpengaruh langsung dan signifikan, sedangkan advertisement tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan hasil temuan maka perusahaan perlu melakukan strategi bisnis dan pemasaran untuk meningkatkan minat beli.

Kata Kunci: E-Commerce, digital marketing, e-service quality, digital literacy, buying interest.


Full Text:

PDF

References


Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and practice (6th ed.).

Harlow: Pearson Education Limited.

Chaffey, D., & Smith, P. (2013). Emarketing Exellence. Planning and optimizing your digital marketing (4th ed.).

Oxon: Routledge.

Dian, B. A., & Azizah, N. (2021). Pengaruh E-Service Quality dan Enjoyment terhadap Repeat Usage E-Wallet Gopay Melalui Trust pada Generasi Milenial Di Surabaya. Jurnal Syntax Admiration, 2(2), 183-202.

Dinova, L. I... (2018). Pengaruh Iklan E-Commerce Shopee di Media Televisi Terhadap Minat Beli Mahasiswa di Yogyakarta (thesis). Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Doyle, M. A. (2013). Marie M. Clay's theoretical perspective : a literacy processing theory (6th ed.). Victoria: International Reading Association.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Poskopi Zio Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 603-612.

Fitriah, M. (2018). Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Deepublish.

Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M. R., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan di Media Sosial Instragram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 8(1), 145-162.

Irawan, M. R. N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt.

Satria Nusantara Jaya. Universitas Negeri Kediri.

Julianti, N. L., Nuridja, I. M., & Meitriana, M. A. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nusa Penida Tahun 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Koetler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Laela, T. (2015). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Merek Produk Terhadap Minat Beli Produk Fashion Zoya. Jurnal Ilmu Manajemen Inoversotas Galuh Ciamis, 2(2), 131-134.

Ndun, L. A. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality Dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Layanan Internet Indihome. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 3(1), 78-84. Nurhayati, S., & Farah, A. M. N. (2020). Implementasi Workshop Literasi Digital Dalam Membangun Keberdayaan

Ekonomi Masyarakat. Juernal Masyarakat Mandiri, 4(3), 348-359.

Pebrianti, W., Arweni, & Awal, M. (2020). Digital Marketing, e-WOM, Brand Awareness Dan Keputusan Pembelian Kopi Milenial. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 11(1), 48-56.

Perwira, B. T., Yulianto, E., & Kumadji, S. (2016). Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Value Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya yang Melakukan Transaksi Pembelian Online dengan Mobile Application Tokopedia). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(2), 46-54.

Peta E-Commerce Indonesia. Retrieve from https://iprice.co.id/insights/ mapofecommerce/

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1).

Saragih, M. G. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Loyalty Melalui E-Satisfaction (Studi Pada Pelanggan Toko Online Shopee di Kota Medan). Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 190-195.

Sasmito, Y. W. D., & Prestianto, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Penerapan E-Commerce Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Perpajakan, 4(1), 145-162.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen (5th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen di Toko

Online. Management Analysis Journal, 5(4), 389-399.

Sudharma, I. Y... (2015). Analisis Strategi Digital Marketing Brodo (Unpublished master's thesis). Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Tambunan, E. (2019). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi Pada Kosmetik Wardah di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah “Integritas,” 5(1).

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality and satisfaction. Yogyakarta: C.V. Andi Offset. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Service, Quality dan Satisfaction (4th ed.). Yogyakarta: C.V. Andi Offset. Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2015). Electronic commerce a Managerial and

Social Networks Perspective (8th ed.). New York: Springer International Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id