PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MAKANAN OLAHAN IKAN BEKU BERBASIS WEB PADA CV. RIZKY FOOD

Athallah Rafi Perdana, Dini Setyorini

Abstract


Perkembangan teknologi digunakan di seluruh sektor atau bidang tidak hanya masuk ke dalam aplikasi dunia permainan, seperti bidang industri maupun bidang bisnis, salah satunya adalah bisnis usaha kecil menengah atau rumah tangga maupun bisnis perseorangan. Orang yang berbisnis sudah tentu akan melaksanakan kewajibannya yaitu agar bisnisnya berkembang dan mengikuti teknologi yang ada. Alur sistem yang digunakan pada CV Rizky Food masih manual dimana CV ini bergerak dalam bidang penjualan makanan olahan ikan beku, hal ini dilakukan pada pencatatan transaksi penjualan, laporan penjualan kepada pimpinan, ruang database, seperti faktur yang dihasilkan dari transaksi penjualan, hal itu membuat terjadinya kesalahan dan merugikan banyak pihak, kurang tepat isi laporan yang dibuat dan mengalami kendala dalam pencarian data-data yang diperlukan karena memakan waktu yang lama. Dengan begitu permasalahan tersebut dirasa perlu dibuat sistem informasi, dalam hal ini menggunakan pendekatan metode Waterfall dalam perancangan sistem informasi yaitu dari menganalisis web yang akan dibuat, desain, pelaksanaan, dan uji coba. Sistem informasi yang dirancang pada CV Rizky Food merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan dengan sistem manual, serta dapat mencapai ketepatan dan kecepatan sehingga pekerjaan tersebut dalam aktivitas setiap harinya menjadi cepat dan akurat.

 


Keywords


Perancangan Sistem Informasi, Penjualan Makanan Berbasis Web, Sistem Penjualan Makana Olahan Ikan Beku

Full Text:

PDF

References


Rismaniah, Widianto, K., & Setiyorini, T., 2020, Sistem Informasi Penjualan Makanan Dan Minuman Di Wejie Kopi Berbasis Web. 5(1), 1–2.

Firnando, H, 2020, Tugas Akhir Tugas Akhir PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN TERBAIK PADA PRODUK FROZEN FOOD DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANP DAN TOPSIS, Jurnal Ekonomi Volume 18, Nomor 1 Maret201, 2(1), 41–49.

Abdurrahman, A., & Masripah, S, 2017, Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi Penjualan, Information System for Educators and Professionals, 2(1), 95 – 104.

Djodi setiawan, S.E., M.M., Ak., C., & Nia Candra Kurniasih, S. A, 2020, Pengaruh Biaya Produksi Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Pt Adetex Periode Tahun 2011-2017, Jurnal Ilmiah Akuntansi, 11(1), 55–64.

Hasan, S., & Muhammad, N, 2020, Sistem Informasi Pembayaran Biaya Studi Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara, IJIS - Indonesian Journal On Information System, 5(1), 44–55. https://doi.org/10.36549/ijis.v5i1.66

Ningrum, D. P., 2017, Jurnal sistem informasi penjualan berbasis

Wulansari, E., 2019, Penjualan Peralatan Hiking Berbasis Desktop, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hardiansyah, A. D., Nugrahaeni, D. C., Dewi, P., & Kom, M, 2020, Perancangan Basis Data Sistem Informasi Perwira Tugas Belajar (Sipatubel) Pada Kementerian Pertahanan. Senamika, 1(2), 222–233. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/529

Asyqar, F., & Dwiatmodjo, H, 2020, Sistem Informasi Persediaan Barang ( Inventory ) Pada Pt . Ferro Mas Dinamika Menggunakan Vb . Net, Jurnal SIBERNETIKA, 5(2), 143–157.

Jaya, G., Aryadi, W., Supianto, A. A., Hayuhardhika, W., & Putra, N, 2020, Pembangunan Sistem Informasi Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) berbasis Website menggunakan Model Pengembangan Perangkat Lunak Waterfall Studi Kasus : SMK Plus Almaarif Singosari, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JPTIIK) Universitas Brawijaya, 4(1), 356–365. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6916




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v22i1.3181


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.