PERANCANGAN GAME “ENERGY SOURCE CHANGE” DENGAN ANIMASI

Tri - Yuliati, Tri - Handayani, Ari - Sellyana

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kini tak luput dari penggunaan energi salah satunya adalah energi listrik. Energi merupakan kebutuhan dasar manusia, yang terus meningkat sejalan dengan tingkat kehidupan masyarakat yang terus berkembang. Sumber energi yang dapat ditemui sehari-hari yaitu sumber energi matahari, air, angin dan sampah organik/biogas. Hal tersebut dipelajari di matapelajaran anak kelas 4 pada tema 2 mengenai sumber energi dan perubahannya. Agar penyampaian materi lebih interaktif dan menarik maka penelitian ini menjadi solusi untuk mengilustrasikan perubahan sumber energi kedalam bentuk animasi dan permainan. Menggunakan metode prototype dan analisis, aplikasi dilakukan dengan menggunakan model UML (Unified Modeling Languange). Untuk merancangnya menjadi sebuah game edukasi agar pembelajaran lebih menarik maka peneliti menggunakan software adobe animate yang mampu mengimplementasikan game ini sebagai media edukasi untuk matapelajaran mengenai sumber energi


Keywords


Energi, Game, Animasi

Full Text:

PDF

References


Soetyono Iskandar; Djuanda, Konversi Energi, 1st ed. YOGYAKARTA: Deepublish, 2017.

A. Qazi et al., “Towards Sustainable Energy: A Systematic Review of Renewable Energy Sources, Technologies, and Public Opinions,” IEEE Access, vol. 7, pp. 63837–63851, 2019, doi: 10.1109/ACCESS.2019.2906402.

L. M. Nikmah and Mintohari, “Pengembangan Media Teka Teki Silang Bergambar Berbasis Teams Games Tournament Materi Sumber Energi Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 2760–2770, 2019,

S. Amalia, “Perancangan Animasi 2D Sebagai Media Edukasi Tentang Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Untuk Remaja Tunarungu,” Wimba J. Komun. Vis., vol. 10, no. 2, pp. 107–120, 2019, doi: 10.5614/jkvw.2019.10.2.4.

N. K. D. Purniasih, I. G. M. Darmawiguna, and K. Agustini, “Pengembangan Media Pembelajaran Sumber Energi Berorientasi Gamifikasi Untuk Siswa Kelas 4 North Bali Bilingual School,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 17, no. 1, pp. 1–10, 2020.

E. Batuwael, A. S. . Lumenta, and V. Tulenan, “Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Kebersihan Mulut Pada Anak Umur 5-10 Tahun Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, 2016, doi: 10.35793/jti.7.1.2016.10771.

Samsul Badus Saleh, “Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sumber Daya Dan Perubahan Energi Dengan Media Game Android Synergi,” J. Ilm. Pro Guru, vol. 7, no. 3, 2021.

Nur Budi Nugraha and Tri Yuliati, “Animasi 2D Corona Virus Desease 19 (Covid 19) Sebagai Media Edukasi Anak - Anak,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 14, no. 2, pp. 182–188, 2021, doi: 10.51903/pixel.v14i2.546.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v22i1.3171


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.