MODEL SMART QUALITY PENENTUAN EVALUASI KINERJA TERHADAP KUALITAS LAYANAN AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KAMPUS MERDEKA

Rina Fiati, Sulistyowati Sulistyowati, Endang D M, Wiwit Aryani, Andi P U, Budi G

Abstract


Model pengambilan keputusan merupakan instrumen metodologik yang bersyaratkan rasional yang bertujuan untuk mengurangi resiko dan meningkatkan nilai utilitas berdasarkan data yang diperoleh. Permasalahan yang terjadi kurangnya integritas terhadap institusi dan faktor malas terhadap suatu pekerjaan. Kinerja merupakan totalitas kepuasan Kerja merupakan sikap (positif) tenaga kerja terhadap pekerjaannya, yang timbul berdasarkan penilaian terhadap situasi kerja. Penilaian tersebut dapat dilakukan terhadap salah satu pekerjaannya, penilaian dilakukan sebagai rasa menghargai dalam mencapai salah satu nilai-nilai penting dalam pekerjaan. Tujuan dari penelitian untuk menghasilkan keputusan  dari evaluasi kinerja dan untuk meningkatkan layanan akademik dalam pembelajaraan kampus merdeka. Metode penelitian menggunakan SMART Quality (Simple Multi Atribute Rating Technique).  Kriteria  penilaian berdasarkan service quality  meliputi keandalaan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), empati (empathy) dan tangible. Lokasi dan subyek penelitian dilaksanakan pada Institusi Perguruan Tinggi peneliti di Universitas Muria Kudus, penelitian ini difokuskan pada tenaga kependidikan. Survey dilakukan langsung melalui kuesioner. Responden populasi sebanyak 136 tenaga kependidikan. Hasil akhir diperoleh rata-rata evaluasi kinerja mencapai 60-86% dengan korelasi kinerja terhadap layanan mencapai 76% dengan korelasi 0.928. Sehingga masih perlu di evaluasi kinerja terhadap layanan akademik dalam menunjang pembelajaraan merdeka belajar kampus merdeka.

Keywords


SMART Quality, Kinerja, Keputusan

Full Text:

PDF

References


R. E. Indrajit and R. Djokopranoto, Manajemen perguruan tinggi modern, 2nd ed. Yogyakarta: Preinexus, 2016.

H. Tannady, Manajemen Sumber Daya Manusia, 1st ed. Yogyakarta: Expert, 2017.

R. Fiati, “Pendekatan Model Objective Matrix-Ahp Untuk Pengambilan Keputusan Penilaian Kinerja Pelayanan Pada Kantor Kelurahan,” pp. 6–8, 2015.

R. Fiati, “Teaching Modeling untuk Mendukung Kinerja Pendidik KB PAUD Melalui Pendekatan Multifactor Evaluation Process (MFEP),” in P r o s i d i n g S N A T I F K e - 3, 2016, pp. 437–444.

A. C. Dewi and A. N. Zaman, “Performance Measurement Using Balanced Scorecard , Analytical Hierarchy Process , Objective Matrix , and Traffic Light System,” in Prosiding Semnas SINTA FT UNILA Vol. 1 Tahun 2018, 2018, vol. 1, pp. 27–34.

Kusdi, “The mediating effect of knowledge management on leadership toward organizational performance of state organization for higher education,” J. Manag. Inf. Decis. Sci., vol. 22, no. 3, pp. 207–212, 2019.

R. Saragih, M. Pradana, T. I. Wijaksana, Y. Arwiyah, and N. Fadhillah, “Antecedents of Work Performance: the Effect of Leadership Style, Work Motivation and Discipline,” J. Manag. Inf. Decis. Sci., vol. 24, no. 6, pp. 1–8, 2021.

C. Elavarasan, M. Selvam, B. Maniam, C. Kathiravan, and D. Dhanasekar, “Leadership Qualities Among the National Cadets Corps in Southern India,” J. Manag. Inf. Decis. Sci., vol. 24, no. 4, pp. 1–12, 2021.

Theresiawati, H. B. Seta, A. N. Hidayanto, and Z. Abidin, “VARIABLES AFFECTING E-LEARNING SERVICES QUALITY IN INDONESIAN HIGHER EDUCATION: STUDENTS’ PERSPECTIVES,” vol. 19, pp. 259–286, 2020.

O. Prentkovskis, Ž. Erceg, Ž. Stević, I. Tanackov, M. Vasiljević, and M. Gavranović, “A new methodology for improving service quality measurement: Delphi-FUCOM-SERVQUAL model,” Symmetry (Basel)., vol. 10, no. 12, 2018, doi: 10.3390/sym10120757.

N. Sitanggang, P. L. A. Luthan, and K. Abdul Hamid, “Relationship between total personal quality, service quality and student satisfaction on higher education system,” Int. J. Instr., vol. 14, no. 4, pp. 357–372, 2021, doi: 10.29333/iji.2021.14421a.

S. Altuntas, T. Dereli, and Z. Erdoğan, “Evaluation of service quality using SERVQUAL scale and machine learning algorithms: a case study in health care,” Kybernetes, vol. 51, no. 2, pp. 846–875, 2021, doi: 10.1108/K-10-2020-0649.

D. Trivedi and A. Bhatt, “Quest for quality: Assessment of service quality of special academic institution library: case study,” Perform. Meas. Metrics, vol. 21, no. 1, pp. 1–17, 2020, doi: 10.1108/PMM-02-2019-0004.

S. Rezaei et al., “Evaluating service quality in the higher education sector in Iran: an examination of students’ perspective,” Int. J. Hum. Rights Healthc., vol. 10, no. 2, pp. 146–155, 2017, doi: 10.1108/IJHRH-12-2016-0024.

P. A. D. Mattah, A. J. Kwarteng, and J. Mensah, “Indicators of service quality and satisfaction among graduating students of a higher education institution (HEI) in Ghana,” High. Educ. Eval. Dev., vol. 12, no. 1, pp. 36–52, 2018, doi: 10.1108/heed-10-2017-0006.

Y. Ozdemir, S. K. Kaya, and E. Turhan, “A scale to measure sustainable campus services in higher education: ‘Sustainable Service Quality,’” J. Clean. Prod., vol. 245, p. 118839, 2020, doi: 10.1016/j.jclepro.2019.118839.

C. F. Rodríguez-Hernández, M. Musso, E. Kyndt, and E. Cascallar, “Artificial neural networks in academic performance prediction: Systematic implementation and predictor evaluation,” Comput. Educ. Artif. Intell., vol. 2, no. December 2020, 2021, doi: 10.1016/j.caeai.2021.100018.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v22i1.3141


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.