PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI E-SERVICE BAAK IIB DARMAJAYA UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN KEPADA MAHASISWA DI ERA PANDEMI BERBASIS ANDROID

Denny Prastiawan, M Said Hasibuan, Suci Mutiara

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dapat membuat berbagai macam peralatan sebagai alat bantu untuk menjalankan berbagai aktivitas.  Saat ini informasi bisa didapatkan sangat mudah dalam waktu yang lebih cepat dan tepat. Pada masa pandemi para mahasiswa sangat kesulitan untuk mengurus persyaratan administrasi di kampus. Untuk menangani masalah ini dibutuhkan layanan online yang mampu untuk mengatasi pelayanan konvensional. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan identifikasi masalah, menentukan solus dan melakukan uji coba. Layanan yang dihasilkan pada penelitian ini diberi nama E- Service. E-Service mampu memberikan layanan kepada mahasiswa tanpa mereka datang ke kampus.

Keywords


E-Service, teknologi, kampus

Full Text:

PDF

References


R. A. Azdy and A. Rini, “Penerapan Extreme Programming dalam Membangun Aplikasi Pengaduan Layanan Pelanggan (PaLaPa) pada Perguruan Tinggi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 197, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852658.

R. Wahyudi, T. Astuti, and A. S. Mujahid, “Implementasi Extreme Programming Pada Sistem Reservasi Tiket Travel Berbasis Android Dan Website,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, p. 585, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201855990.

M. Alkaff, A. R. Baskara, and I. Maulani, “Klasifikasi Laporan Keluhan Pelayanan Publik Berdasarkan Instansi Menggunakan Metode LDA-SVM,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 6, p. 1265, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021863768.

F. Masya, Elvina, and F. M. Simanjuntak, “Sistem Pelayanan Pengaduan Masyarakat pada Divisi Humas Polri Berbasis Web,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2012 (SNATI 2012), vol. 2012, no. Snati, pp. 1–6, 2012.

A. D. Herlambang, A. Rachmadi, K. Utami, R. I. Hakim, and N. Rohmah, “Pengembangan Fitur E-Matur dengan V-Model sebagai Alat Pengaduan Publik untuk Website Badan Kepegawaian Negara,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 5, p. 467, 2019, doi: 10.25126/jtiik.2019651319.

W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852666.

A. R. Tanaamah, A. F. Wijaya, and S. A. Maylinda, “Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Sektor Publik: Penyelarasan Teknologi Informasi Dengan Visi Kepemimpinan (Studi Kasus: Kota Salatiga dan Kabupaten Bengkayang),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 6, p. 1319, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021865379.

Y. I. Melani, “Sistem Pengaduan Layanan Akademik Menggunakan Responsive Web Design,” vol. 08, pp. 39–45, 2019.

S. Jaya and A. Arfianoris, “Rancang Bangun Aplikasi Keluhan Mahasiswa Berbasis Android,” no. September, pp. 40–44, 2017.

A. Jumardi and A. Solichin, “Prototipe Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat berbasis Android dan Web Service,” Telemat. MKOM, vol. 8 No.1, no. 1, p. 8, 2016.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.3093


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.