APLIKASI PENGENALAN PAKAIAN ADAT MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS

Diana Diana, Agung Aji Nugraha

Abstract


Bengkulu sebagai salah satu bagian Provinsi di Indonesia memiliki budaya berupa baju adat dan alat musik tradisional yang harus dilestarikan oleh para generasi penerus bangsa. Kurangnya penggunaan teknologi dalam pelestarian pakaian adat dan alat musik tradisional membuat generasi muda banyak yang tidak mengetahui infomasi mengenai rumah adat. Salah satu cara memperkenalkan pakaian adat dan alat musik tradisional yaitu menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang berbasis Android. Teknologi ini memungkinkan para penggunanya melihat informasi , objek 3D dari objek 2D, dan suara secara langsung. Salah satu metode yang digunakan Augmented Reality adalah single marker, dimana satu marker hanya dapat menampilkan satu objek 3D dan tidak dapat membaca lebih dari satu marker. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif lain untuk memperkenalkan pakaian adat dan alat musik tradisional Bengkulu kepada masyarakat baik di dalam maupun di luar Provinsi Bengkulu.

 

Kata Kunci3-5 Augmented Reality, Pakaian Adat, Alat Musik, Single Marker, Android


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v20i2.2265


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.