APLIKASI SISTEM KEAMANAN MOBIL MENGGUNAKAN QUICK RESPONSE CODE BERBASIS ANDROID

Kuat Indartono, Abdul Jahir

Abstract


Data Badan Pusat Statistik tahun 2014 jumlah tindak kriminalitas pencurian kendaraan bermotor sebanding dengan laju perkembangan jumlah pengguna kendaraan bermotor. Tindak kriminal pencurian ini adalah salah satu permasalahan sosial yang cukup mengkhawatirkan dan perlu di tangani dengan serius. Permasalahan sistem keamanan pada penelitian sebelumnya masih ada celah bagi pencuri, karena pencuri masih bisa menghidupkan kendaraan bermotor dan masih bisa membawanya. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan membuat sistem keamanan mobil dengan Authentication Access Control, sehingga mobil tidak dapat dihidupkan tanpa seizin pemilik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengurangi tindak kejahatan pencurian mobil dengan membuat aplikasi sistem keamanan mobil menggunakan Quick Response Code sebagai Authentication Access Control berbasis Android. Pembuatan aplikasi dengan menggunakan software MIT App Inventor 2. Pengujian aplikasi dengan menguji spesifikasi fungsional dari perangkat lunak menggunakan metode black box testing.  Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem keamanan mobil berbasis android (SIMMOBA).  


Keywords


QR Code, Authentication Access Control, Android, SIMMOBA.

Full Text:

PDF

References


N. S. Kumar, B. Vijayalakshmi, R. J. Prarthana, and A. Shankar, “IOT Based Smart Garbage alert system using Arduino UNO,” IEEE Reg. 10 Conf., pp. 1028–1034, 2016.

Ardiansyah, I. Beni, and T. Rismawan, “Rancang Bangun Sistem Keamanan Kendaraan Bermotor Dengan Sms Gateway Berbasis Mikrokontroler dan Android,” J. Coding, Sist. Komput. Untan, vol. 03, no. 1, pp. 42–51, 2015.

F. Kurniawan P, S. Hardhienata, and A. Chairunnas, “Model Sistem Keamanan Kendaraan Menggunakan Smartphone Android dan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler ATMega328,” 2015.

H. Afzal and V. Maheta, “Low Cost Smart Phone Controlled Car Security System,” IEEE Int. Conf. Ind. Technol., pp. 670–675, 2014.

M. S. Mustaqbal, R. F. Firdaus, and H. Rahmadi, “( Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ),” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. I, no. 3, pp. 31–36, 2015.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v18i1.1097


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.