Reader Comments

Estimasi Biaya dan Keuntungan Budidaya Ikaln Lele 1000 Ekor

by ilham ilham abi manyu (2022-12-12)


Estimasi Biaya Budidaya Lele 1000 Ekor di Kolam Terpal – Budidaya lele termasuk kategori usaha yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja serta cukup menjanjikan. Dan sebelum terjun lebih dalam, ada baiknya bagi Anda untuk mulai mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Dan hal tersebut bisa dimulai dari mengetahui berapa kira-kira estimasi biaya pembuatan kolam terpal untuk Ikan lele 1000 Ekor. 

Budidaya dengan menggunakan kolam terpal, sangat cocok bagi Anda yang baru mau terjun ke dalam budidaya lele. Salah satu keuntungan menggunakan media terpal adalah Anda tidak membutuhkan lahan yang luas serta tidak membutuhkan biaya yang banyak pula.

Hanya saja, ketika Anda sudah mengetahui berapa estimasi biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam lele dengan media terpal, tentunya dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam memperhitungkan apakah nantinya budidaya lele yang Anda lakukan bisa memberikan keuntungan yang banyak ataukah tidak.

Meskipun kolam terpal terkenal dengan tingkat kegagalannya yang kecil, tetapi Anda juga tidak boleh asal-asalan dalam menjalankan budidaya lele.

Kelebihan Menggunakan Media Kolam Terpal

Sebelum Anda mulai menentukan berapa biaya pembuatan kolam terpal untuk Ikan lele 1000 Ekor. Ada baiknya untuk mengetahui keunggulan dalam menggunakan media kolam terpal untuk budidaya lele yang akan Anda lakukan.

Kolam terpal terkenal sebagai media yang praktis, simple dan anti ribet, sangat berbeda jika Anda menggunakan kolam beton yang tentunya mengharuskan Anda mengeluarkan lebih banyak biaya lagi untuk proses pembuatannya.

Seringnya kolam terpal memang sangat cocok bagi para pemula yang baru mulai belajar untuk melakukan budidaya lele. Yang membedakan antara kolam terpal dan kolam beton adalah pada saat panen dimana ikan lele nantinya tidak akan berbau tanah.

 

Kolam terpal juga membuat Anda dapat menghemat biaya terkait pengurusan kolam. Pasalnya, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lagi untuk pembelian terpal karena terpal dapat bertahan selama 2 tahun lebih tergantung dari cara perawatannya.

 

 

 

Estimasi Biaya Budidaya Lele 1000 Ekor di Kolam Terpal Berikut Perhitungannya

Apabila Anda tertarik untuk melakukan budidaya lele, ada beberapa perhitungan yang harus Anda lakukan terkait berapa banyak keuntungan dari ternak lele per 1000 ekornya. Mari simak penjelasan berikut:

Estimasi rincian biaya

Biaya pembuatan kolam menggunakan terpal Rp 850.000,-

Bibit lele (mari perkirakan Rp 150 x 1000 ekor) Rp 150.000,-

Biaya Pakan Lele Rp 500.000,-

Biaya Vitamin Ikan Rp 100.000,-

Total Biaya Rp 1.600.000,-

 

Estimasi perkiraan keuntungan (profit)

Hasil panen untuk 1000 ekor x 80 % 800 ekor

Hasil panen 200 gram x 800 ekor 160 kilogram

Harga jual ikan lele per kilogram Rp 15.000,-

Pendapatan kotor 160 gram x Rp 15.000,- Rp 2.400.000,-

Pendapatan bersih (Rp 2,4 – Rp 1,6) Rp 800.000,- 

Catatan yang perlu Anda ketahui:

  • 80% pada hasil panen merupakan perkiraan dari jumlah bibit lele yang hidup
  • 200 gram pada hasil panen merupakan perkiraan dari berat lele per 1 ekornya

Sehingga, dapat dikatakan bahwa estimasi keuntungan Anda dalam budidaya 1000 ekor lele bisa mencapai 50%.

Penting untuk Anda ketahui bahwa setiap pembudidaya memiliki perhitungan dan perumusan sendiri-sendiri. Sehingga setiap biaya pembuatan kolam terpal untuk Ikan lele 1000 Ekor yang dikeluarkan akan tidak sama bahkan ada beberapa pembudidaya yang bisa menekan budget dengan perhitungan anggarannya sendiri.

Cara Budidaya Ikan Lele Agar Dapat Untung Banyak

Selain memikirkan tentang rincian  biaya pembuatan kolam terpal untuk ikan lele 1000 ekor, ada beberapa hal juga yang perlu diperhatikan oleh setiap para pemula dalam usaha budidaya ikan lele, sebagai berikut:

  • Mempersiapkan Kolam Terpal

Pastikan Anda memilih bahan terpal dengan kualitas dan mutu yang bagus. Ketika kolam terpal sudah didapatkan, Anda bisa langsung memasukkan terpal kedalam kolam yang sudah dibentuk sesuai dengan pilihan Anda yaitu kotak atau bulat. 

 

Setelah terpal sudah terpasang mengikuti kerangka kolam, selanjutnya Anda dapat memasang tali agar terpal tidak gampang berubah-ubah posisi dan pastikan juga bahwa kain terpal tidak ada yang bocor. Dan tahap akhir, Anda sudah dapat mengisi kolam terpal dengan air.

jual kolam terpal bulatProses pembuatan kolam terpal – Estimasi Biaya Budidaya Lele 1000 Ekor di Kolam Terpal

  • Memilih Bibit Sendiri

Keuntungan budidaya 1000 ekor lele adalah Anda dapat memilih sendiri bibit lele dengan kualitas unggul untuk kolam Anda. 

Pemilihan bibit sangat krusial sekali apalagi jika Anda baru memulai bisnis budidaya ini. Pasalnya, pemilihan bibit dengan kualitas yang baik juga dapat mempengaruhi seberapa besar kesuksesan usaha Anda. 

Ciri-ciri bibit lele dengan kualitas unggul bisa Anda lihat dari gerakannya yang gesit, agresif dan memiliki warna yang lebih terang. Anda juga harus memilih bibit lele dengan ukuran yangs sama agar nantinya saat panen semua lele yang Anda ternak memiliki bobot dan ukuran yang sama.

  • Tahapan Pembesaran Lele

Tahap pembesaran lele akan dilakukan ketika ikan lele sudah berukuran 5 cm hingga 7 cm dengan kolam yang sudah Anda isi air dengan ketinggian ± 40 cm. Hal ini agar dapat mempermudah ikan lele dalam mengambil oksigen di permukaan air.

  • Perhatikan Pakan Ikan

Jika Anda ingin menekan pengeluaran dalam pakan ikan, Anda dapat melakukan kombinasi pakan tambahan. Seperti pemberian pakan pabrikan, Anda juga dapat memberikan beberapa pakan tambahan yang tinggi protein seperti kerang, siput sawah, cacing, dan bekicot agar mempercepat pertumbuhan ikan lele.

  • Cek Kondisi Air

Kondisi air sangat penting untuk diperhatikan dan dipantau setiap harinya. Ada 2 hal penting yang harus Anda ketahui terkait kondisi air yaitu kualitas air dan ketinggian air pada kolam terpal.

Dengan menjaga kualitas air kolam sudah menjadi hal yang wajib bagi para peternak ikan lele. Pada dasarnya ikan lele sangat menyukai air yang tidak terlalu jernih tetapi juga tidak terlalu kotor yaitu air yang berwarna hijau. Anda juga harus terus memantau ketinggian air kolam terpal secara berkala, karena seringnya terkena sinar matahari menyebabkan air lebih cepat untuk menguap.

  • Waktu Panen

Saat usia ikan lele sudah memasuki 3-4 bulan, maka ikan pun sudah dapat dipanen. Jika pengepul Anda memiliki ketentuan panen dengan berdasarkan ukuran, maka lele dengan ukuran kecil masih dapat Anda pelihara lagi hingga ukurannya sudah siap untuk di panen.

 

Terlepas dari biaya pembuatan kolam terpal untuk ikan lele 1000 ekor, tentu Anda pun harus memperhatikan banyak hal terutama kadar air, pemberian pakan, kualitas terpal dan lain halnya. 

Membudidayakan 1000 ekor lele tentu tidak sama dengan ketika Anda membudidayakn 5000 ekor. Pengaturan air dan pemberian pakan bahkan rincian biaya pun akan ikut berubah dan tentunya akan sangat berbeda. Sebab akan banyak faktor yang dapat mempengaruhi biaya dalam budidaya lele, seperti iklim, air, kualitas bibit lele, metode budidaya dan masih banyak lagi.  

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui bahwa dalam pemberian pakan masing-masing pembudidaya memiliki perhitungan dan rumus yang berbeda-beda. Sehingga pemberian kombinasi yang disebutkan lebih ke pemberian pakan ikan secara umum.

Penawaran yang sedang di daerah Jawa barat.

Apabila pembaca berada di daerah jawa barat, baik itu daerah, Cihami, Banjarnegara dan Tasikmalaya kami memberikan penawaran spesial untuk kalian yang lagi didaerah tersebut, berikut informasi detailnya

 

Sumber : Estimasi Biaya dan Keuntungan Budidaya Ikaln Lele 1000 Ekor