FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER LOYALTY SOSIS FARMHOUSE DI DAERAH JABODETABEK

Entus Rahayu, Lilik Noor Yulianti, Kirbrandoko Kirbrandoko

Abstract


Penelitian merupakan studi kasus mengenai kepuasan dan loyalitas pelanggan produk sosis Farmhouse. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh Perceived Quality terhadap Customer Satisfaction dan Brand Image, pengaruh Perceived Quality terhadap Customer Loyalty, pengaruh Brand Image terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty, serta pengaruh Customer Satisfaction terhadap Customer Loyalty, dan merumuskan implikasi manajerial yang dapat diterapkan PT. San Miguel Pure Foods Indonesia untuk meningkatkan Customer Loyalty. Penelitian menggunakan metode survey purposive sampling kepada 200 orang responden yang tinggal di daerah Jabodetabek. Hasil analisis SEM menunjukkan Perceived Quality (PQ) berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Image dan Customer Satisfaction, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Brand Image (BI) berpengaruh secara signifikan terhadap Customer Satisfaction namun tidak berpengaruh signifikan terhadap Customer Loyalty. Customer Satisfaction berpengaruh secara signifikan erhadap Customer Loyalty. Perusahaan harus mampu menjaga kualitas produk tetap baik dan melakukan pengembangan produk sesuai dengan tren dan permintaan pasar saat ini sehingga pelanggan akan loyal.

Kata Kunci — Brand Image, Customer Loyalty, Customer Satisfaction, Perceived Quality


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/jbd.v8i1.3162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:

 Tools Citations:

 

View JBD StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.