Pengaruh Motivasi Kerja dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cabang Tanjung Karang

afrega pratiwi, Dina Elisa Anggi, Fathia Purnama

Abstract


Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surakarta merupakan institusi pemerintah yang mempunyai tugas pokok dan menyelenggarakan urusan perpajakan, karena iuran pajak dapat digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Kantor PelayananPajak merupakan perusahaan besar yang sangat memperhatikan karyawannya, karena perusahaan beranggapan bahwa kinerja yang dirasakan karyawan dapat membangun kinerja karyawan pada perusahaan sehingga dapat berdampak positif terhadap kinerjanya. Tingkat kinerja karyawan dalam suatu perusahaan merupakan kunci semangat yang  mendukung terwujudnya tujuan perusahaan.Menurut Suwatno (2011: 196) “kinerja merupakan performance atau unjuk kerja. Kinerja dapat pula diartikan sebagai prestasi kerja atau pelaksanaan kerja atau hasil unjuk kerja”. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja seseorang menurut Robert L. Mathis dan John Jackson (2001: 82) yaitu kemampuan karyawan, motivasi, dukungan atau dorongan yang diterima, keberadaan pekerjaan yang dilakukan dan hubungan dengan organisasi atau perusahaan. Kinerja karyawan pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Magelang, masih kurang maksimal. Terdapat beberapa karyawan yang kurang profesional dan disiplin misalnya saat jam istirahat banyak karyawan yang lebih awal keluar kantor untuk istirahat atau telat masuk kantor saat jam istirahat telah selesai. Kurangnya 2 kedisiplinan tersebut menyebabkan pelanggan yang akan melakukan konsultasi menjadi menunggu terlalu lama sehingga banyak pelanggan yang merasa kecewa dan membuang-buang waktunya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.