STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM KERIPIK MELALUI DIGITAL MARKETING DI KECAMATAN MERBAU MATARAM, LAMPUNG SELATAN

Anggawidia Wibaselppa, Suci Mutiara, Reisa Dyasvaro Zulanda Putri

Abstract


Digital Marketing merupakan sistem pemasaran yang dilakukan secara digital dimasa era digital, pemasaran digital merupakan aktivitas promosi dalam membangun promosi produk ataupun membangun merek (brand) yang menggunakan media elektronik (digital). Tren marketing saat ini masih teruslah berkembang, seiring semakin canggihnya teknologi dan juga dunia internet. Perkembangan digital marketing di Indonesia pun semakin berkembang cepat. Masyarakat mulai beralih dari yang tadinya memanfaatkan marketing secara konvensional, hingga akhirnya melebarkan sayapnya ke dunia digital. Digital marketing merupakan solusi yang tepat bagi para pelaku UMKM dalam menerapkan strategi pemasaran dalam memperluas jaringan kepada pelanggan atau calon pembeli baik naisional maupun internasional untuk mendapatkan informasi suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan melalui internet. Hal ini yang juga mulai diterapkan kepada UMKM keripik di Desa Lebung Sari Kecamatan Merbau Mataram untuk memperluas jangkauan konsumen yang lebih luas dalam meningkatkan penjualan produk dan profit. Program ini juga dapat menambah wawasan, informasi serta keterampilan bagi para pelaku UMKM terkait dengan strategi pemasaran melalui paltform digital.

Full Text:

PDF

References


A. Cucus, H. Dunan, and T. Lestira Putri Warganegara, “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UMKM PENGHASIL KERIPIK KSU GAPOKTAN RUKUN SANTOSO DESA BUMI SARI KECAMATAN NATAR,” Jurnal Pengabdian UMKM, vol. 1, no. 1, pp. 57–65, 2022.

D. Sasongko, I. R. Putri, V. N. Alfiani, S. D. Qiranti, R. S. Sari, and P. E. Allafa, “Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 6, no. 2, pp. 92–96, Oct. 2020, doi: 10.21107/pangabdhi.v6i2.7809.

W. Suadnya, A. P. Hadi, and E. P. Paramita, “Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Cukli Kota Mataram di Masa Pandemi Covid-19,” JCommdev, vol. 2, no. 3, 2021.

D. Permatasari, F. Yogapratama, I. I. Kurniafitra, and W. Islamiah, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM BATIK DI KELURAHAN GEDOG KOTA BLITAR,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 60–72, 2022.

A. Wibasuri, I. Agus, A. Wibaselppa, and S. Mutiara, “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN BISNIS KERIPIK PISANG DI DESA KALIDADI, KALIREJO LAMPUNG TENGAH,” Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 48–53, 2022.

M. Amri, “PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMAKSIMALKAN PEMASARAN HASIL UMKM KERIPIK TEMPE DI DESA KAMBENG KECAMATAN SLAHUNG THE USE OF SOCIAL MEDIA AS AN EFFORT TO MAXIMIZE THE MARKETING OF TEMPE CHIPS IN KAMBENG VILLAGE, SLAHUNG,” Jurnal Abdimas Galuh, vol. 4, no. 1, pp. 102–117, 2022.

A. Kurniawan, T. Alinda, F. Ramdhani, and M. Alawi, “Pendampingan UMKM Kripik Pisang dan Talas melalui Packaging dan Digital Marketing di Kelurahan Rakam, Kabupaten Lombok Timur, NTB.,” Komatika: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 20–28, Jun. 2023, doi: 10.34148/komatika.v3i1.620.

R. Yuniar Rahmadieni Program Studi Ekonomi Syariah, S. Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri, and E. Idar Wahyuni Program Studi Ekonomi Syariah, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA UMKM DI DESA BULUSULUR,” Al Basirah Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 2798–5946, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah

A. Wibasuri dkk, A. Wibasuri, A. Yohanson, S. Mutiara, A. Wibaselppa, and F. Citra Ardila, “STRATEGI PEMASARAN SECARA ONLINE PADA UMKM BUDIDAYA LELE BERBASIS TEKNOLOGI DI DESA HURUN KECAMATAN TELUK PANDAN KABUPATEN PESAWARAN,” Publika Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 2, 2023.

M. Y. Pusadan, S. Sahrullah, and I. K. A. Dwiwijaya, “e-Marketing sebagai Strategi Pemasaran Produk Usaha UMKM Bertransformasi Digital,” Jurnal Abmas Negeri (JAGRI), vol. 4, no. 2, pp. 67–75, Dec. 2023, doi: 10.36590/jagri.v4i2.683.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v6i1.4045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.