IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT DI DESA TAMBAHARJO PATI

Setiyawan Mukti Wijaya, Rina Fiati

Abstract


Sistem informasi pengaduan warga untuk menilai seberapa berhasil pelayanan dilakukan, dan  untuk menampung aspirasi dari warga kelurahan Tambaharjo. Hal ini penting dilaksanakan karena selama ini pengaduan dilakukan hanya menggunakan kotak saran, yang mana masyarakat harus menulis dan mendatangi kelurahan terlebih dahulu untuk memberikan saran, tentunya ini tidak praktis, selain itu terkadang petugas kelurahan juga enggan untuk mengecek aduan warga ini karena masalah yang menumpuk dan banyaknya aduan tidak terorganisir dengan baik.  Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu pihak desa dalam menerima pengaduan masyarakatmelalui digitalisasi. Metode kegiatan adalah sosialisasi penggunaan teknologi informasi dan pelatihan penggunaan sistem informasi pengaduan warga berbasis website. Hasil dari kegiatan  diharapkan dengan adanya sistem informasi pengaduan warga ini maka pelayanan di Kantor Balaidesa Tambaharjo menjadi lebih baik, dan masyarakat menjadi lebih puas dengan pelayanan yang ada.


Full Text:

PDF

References


K. Kurniasih and H. Mulyono, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Pada Kantor Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 4, pp. 678–688, 2022, doi: 10.33998/jurnalmsi.2022.7.4.692.

R. Rio and A. Marsehan, “Perancangan Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Mobile Menggunakan Metode Waterfall,” J. Komput. dan Teknol., pp. 43–50, 2023, doi: 10.58290/jukomtek.v1i2.67.

R. Fiati, A. Latubessy, and A. Jazuli, “Pengujian Sistem Informasi Pelayanan Publik Kepolisian Resor Kabupaten Kudus,” Indones. J. Technol. Informatics Sci., vol. 2, no. 2, pp. 71–74, 2021, doi: 10.24176/ijtis.v2i2.6274.

R. Fiati and E. Wijayanti, “IMPLEMENTASI IPTEK BAGI MASYARAKAT (IbM) PADA PENGRAJIN MINIATUR MENARA,” J. ABDI, vol. 5, no. 1, p. 15, 2019, doi: 10.26740/ja.v5n1.p15-19.

Y. Firmansyah, R. Maulana, and N. Fatin, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN WARGA BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : KELURAHAN SIANTAN TENGAH, PONTIANAK UTARA)," Jurnal Cendikia Vol. XIX | Cendikia 2020 , vol. XIX, pp. 397-404, 2020.,” vol. XIX, pp. 397–404, 2020.

H. Zenita, R. Fiati, and U. M. Kudus, “SDLC MODEL FOR IMPLEMENTATION OF E- BLANGKO ON DEPARTMENT OF POPULATION AND,” vol. 06, no. 01, pp. 58–70, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v6i1.4035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.