PEMBELAJARAN DI RUMAH BERBASIS MASYARAKAT: MENGATASI TANTANGAN PENDIDIKAN DAN MENDORONG MOTIVASI BELAJAR SELAMA PANDEMI COVID-19

Faurani Santi Singagerda, Winda Rika Lestari, Sri Lestari, Andien Amalia

Abstract


Kebijakan “jaga jarak atau Physical Distancing” yang diterapkan pemerintah sebagai pencegahan wabah Covid-19 memberikan banyak dampak pada manusia, salah satunya pada proses Pendidikan yang dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Banyak kendala yang dihadapi oleh para orang tua dalam membimbing, mengarahkan terutama mengajari anaknya jika ada kesulitan dalam belajar di rumah. Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Batu Putu berupa pendampingan bimbingan belajar di rumah bagi siswa sekolah dasar desa Batu Putu, Teluk betung Timur, Bandar Lampung. Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membantu permasalahan yang terjadi pada siswa sekolah dasar. Selain itu juga diberikan sosialisasi kepada orang tua agar lebih maksimal dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Kegiatan dilakukan dalam tahap persiapan, pelaksanaan, sosialisasi, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan memberikan kuesioner pertanyaan mengenai pendampingan yang dilakukan. Hasilnya para siswa dan orang tua sangat puas, terbantu dalam belajar di rumah, dan mendukung kegiatan pendampingan belajar selama pandemic covid 19.

Kata Kunciphysical distancing, kegiatan pendampingan belajar, manfaat kegiatan.

Full Text:

PDF

References


M. Mastura and R. Santaria, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 289–295, 2020, doi: 10.30605/jsgp.3.2.2020.293.

A. Wardani and Y. Ayriza, “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 772, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.705.

Nur Hidayah et al., “Pendampingan Belajar di Rumah bagi Siswa Terdampak COVID-19 di Desa Sindumartini, kec. Ngemplak, Sleman DIY, ” vol. 2, no. 1, pp. 69–76, 2022.

A. M. Basar, “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19,” Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 208–218, 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.112.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v5i1.3801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.