ENTREPENEUR KELOMPOK PEREMPUAN FILLET IKAN DI TELUK BETUNG TIMUR BANDAR LAMPUNG

Asmaria Asmaria, Hesti Widi Astuti, Ade Sandra Dewi

Abstract


Entreprenur di teluk betung sudah berjalan tetapi hanya sebatas untuk menghasilkan uang, belum dilakukan dengan baik. Keberadaan usaha pengolahan ikan di Teluk Betung Timur yang dilakukan oleh warga yang tinggal diwilayah itu, selain  memberikan kontribusi ekonomi pada keluarga, juga menciptakan stuktur ekonomi yang kuat dan kokoh khususnya kontribusi terhadap perekonomian kota Bandar Lampung. Usaha pengolahan ikan ijuga tidak lepas dari peran aktif kaum perempuan, potensi kaum perempuan sangat penting dalam kegiatan sosial ekonomi dan modal dasar dalam pembangunan. Untuk itu perlu mengetahui bagaimana Peranan perempuam dalam kelompok usaha pengolahan ikan  yang dilakukan di Teluk Betung Timur.

Permasalahan yang dihadapi adalah mengenai pemahaman mengenai entrepreneur pada kelompok perempuan yang ada di Teluk Betung. Usaha Fillet ikan masih banyak dikerjakan oleh per orangan, hal ini dikarenakan perempuan atau istri sudah membantu suami untuk menjual hasil tangkapan ikan selama berlayar di laut.  Solusi Yang Ditawarkan Ke Mitra  adalah dengan pemberian edukasi mengenai Entrepreneur, edukasi yang berisi pelatihan berjenjang diharapkan mampu membentuk pola pikir bahwa entrepreneur dengan mudah dapat dilakukan oleh kelompok perempuan fillet ikan. Sebelum pelatihan, Tim Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai akan membuat metode penyuluhan dan pelatihan entrepreneur agar kelompok perempuan lebih mudah menjalan usaha tidak dengan hanya menjual produk fillet ikan saja tetapi produk mempunyai nilai jual yang lebih tinggui. Pelatihan disiapkan untuk kelompok perempuan mempersiapkan usaha mereka menjadi usaha yang dikenal banyak orang, bukan hanya di daerah teluk betung timur hususnya daerah lempasing yang memang terkenal dengan pusat penjualan ikan segar dari nelayan.

 Target luaran dalam kegiatan PkM ini adalah sebagai berikut: a) Semua anggota Mitra memahami dan melakukan Entrepreneur fillet ikan sehingga dalam melakukan kegiatan usaha/bisnis lebih tergerak dalam memperluas pasar, memodifikasi produk yang sudah ada menjadi lebih berkualitas dan mempunyai diversifikasi dari produk lain seperti Sempol Ikan,Nugget Ikan ,dan Lumpia Ikan, b) Meningkatkan kesejahteraan Mitra, dengan kegiatan PkM ini mitra lebih memahami tentang entrepreneur dan mempunyai merek dagang, sehingga produk lebih mempunyai nilai jual yang tinggi, sehingga produk ini lebih banyak dikenal oleh masyarakat di Bandar lampung.


Full Text:

PDF

References


Alfridus Patrisius, A. A. B. (2021). Dinamika Peran Ibu Rumah Tangga Petani Di Desa Rubit Kecamatan Hewokloang Kabupaten Sikka. Jurnal Sosiologi Kontemporer, 1(2), 77–87.

Ariadi, H., Pranggono, H., Fitriya Ningrum, L., & Khairoh, N. (2021). STUDI ECO-TEKNIS KEBERADAAN TEMPAT PELELANGAN IKAN (TPI) DI KABUPATEN BATANG, JAWA TENGAH: Mini Riview. RISTEK : Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 5(2), 73–80. Https://Doi.Org/10.55686/Ristek.V5i2.102

Darojat, O., & Sumiyati, S. (2015). Konsep-konsep Dasar Kewirausahaan/ Entrepreneurship. Pendidikan Kewirausahaan. Retrieved from http://www.smkalhadi.sch.id/pdfupload/MODUL KEWIRAUSAHAAN.pdf

Ir. Hendra Hamid, M. S. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. De La Macca (Vol. 1).

Jannah, M. (2019). Strategi Pembudayaan Entrepreneurship Dalam Membangun Bisnis Pesantren Berbasis Alumni Network Forum (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan).

Lasabuda, R. (2013). Pembangunan Wilayah Pesisir Dan Lautan Dalam Perspektif Negara Kepulauan Republik Indonesia. Jurnal Ilmiah Platax, 1(2), 92. https://doi.org/10.35800/jip.1.2.2013.1251

Lomboan, D. V. Y., Ruru, J., & Londa, V. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyrakat Pesisir di Desa Kumu Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Jurnal Administrasi Publik, 7(102), 28.

Muslim, A. (2017). Analisis Kegagalan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat dalam Membangun Kemandirian Masyarakat Miskin. Jurnal Penyuluhan, 13(1), 79–87.

Mustarin, A., Arief, A. A., & Indar, Y. N. (2012). Pemberdayaan Ekonomi Rumah Tangga Masyarakat Pesisir Berbasis Agribisnis Di Desa Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai Empowerment Of Agribusiness Based Home Economy Of Alamat Korespondensi : Amirah Mustarin Program Studi Agribisnis Program Pascasarjana Universi.

Nurfajriah, N. N., Mariati, F. R. I., Waluyo, M. R., & Mahfud, H. (2021). Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme Sebagai Usaha Pengolahan Sampah Organik Pada Level Rumah Tangga. Jurnal Ikra-Ith Abdimas, 4(3), 194–197. Retrieved from https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1535

Siregar, I. F., Rasyad, R., & Onasis, D. (2021). Pengaruh Pemahaman Ilmu Akuntansi Dan Pengalaman Usaha Terhadap Keberhasilan Bisnis Bagi Pelaku Usaha Mikro Menengah Muda Di Kota Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Kompetif, 4(1), 47–56.

Widayati, E., Yunaz, H., Rambe, T., Siregar, B. W., Fauzi, A., & Romli, R. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Dengan Menciptakan Wirausaha Baru Dan Mandiri. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 6(2), 98–105. https://doi.org/10.35794/jmbi.v6i2.26181




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v5i1.3792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.