PKM STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN USAHA EKONOMI KREATIF DI RT. 08 RW. X, KEL. KEMBANGARUM, KOTA SEMARANG

Slamet Budirahardjo, Setyoningsih Wibowo, Noora Qotrun Nada, Bagus Priyatno

Abstract


Di lingkungan RT. 08 hampir setiap rumah memiliki tanaman hias yang beraneka ragam. Merebaknya demam tanaman ini menjadi indikator status sosial warga, karena untuk memilikinya warga harus memiliki modal untul membelinya. Di era yang serba online peluang pemasaran menggunakan teknologi digital sangatlah menguntungkan, selain penjual tidak harus mempunyai toko, penjual juga tidak harus kemana-mana untuk menjualnya. Tujuan kegiatan ini (1) Menyelenggaraan pembinaan dan pelatihan bagi masyarakat marginal untuk menghasilkan produk komersial berbasis teknologi tepat guna dan sumber daya lokal serta kesempatan mendapatkan akses pendanaan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), (2) Peningkatan jumlah penerapan IPTEKS untuk masyarakat. Tim PKM ini akan menyelenggaraan pembinaan dan pelatihan dan penerapan IPTEKS bagi warga RT. 08 sesuai dengan 5 prioritas permasalahan yaitu: melukis di media pot plastik, membuat gantungan pot, branding, dan media sosial. Kegiatan ini dilaksanakan dalam 5 (lima) tahapan metode pelaksanaan (1) sosialisasi kegiatan kepada warga (2) workshop melukis dengan media pot plastik (3) whokshop tali temali yaitu pembuatan gantungan pot (4) whokshop tentang branding produk (5) whokshop tentang digital marketing dengan mengoptimalkan sosial media. Dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada warga RT. 08 RW. 10 Kel. Kembangarum, Kec. Semarang Barat memberikan peningkatan pengetahuan belajar tali temali dengan membuat gantungan pot, belajar melukis dengan media pot plastik dan menjadi melek teknologi terkait untuk pemasaran secara digital dengan mengoptimalkan penggunaan sosial media.


Full Text:

PDF

References


C. A. Amal, A. A. Amalia, and S. Andayaningsih, “POTOMETRIUM (POT TANAMAN GEOMETRIS DAN TERARIUM) SERTA PEMASARAN DIGITAL BAGI KELOMPOK PENJUAL TANAMAN HIAS DI KELURAHAN MACCINI SOMBALA KOTA MAKASSAR,” Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 4, no. 1, p. 110, Feb. 2020, doi: 10.20956/pa.v4i1.7698.

M. A. F. Habib, “KAJIAN TEORITIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN EKONOMI KREATIF,” Journal of Islamic Tourism, Halal Food, Islamic Traveling, and Creative Economy, vol. 1, no. 2, pp. 106–134, Oct. 2021, doi: 10.21274/ar-rehla.v1i2.4778.

F. Hidayanto et al., “TANAMAN HERBAL SEBAGAI TANAMAN HIAS DAN TANAMAN OBAT,” Inovasi dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, 2015.

H. Lakamisi, “Prospek agribisnis tanaman hias dalam pot (POTPLANT),” Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, vol. 3, no. 2, pp. 55–59, Oct. 2010, doi: 10.29239/j.agrikan.3.2.55-59.

S. Supiani and L. Sinaini, “ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANAMAN HIAS (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri di Desa Bangunsari Kabupaten Muna),” Paradigma Agribisnis, vol. 3, no. 1, p. 1, Sep. 2020, doi: 10.33603/jpa.v3i1.3634.

R. M. D. Ujianti, I. Muflihati, and N. Q. Nada, “Online marketing assistance with e-commerce at UKM Athaya Kitchen Semarang,” Community Empowerment, vol. 7, no. 9, Sep. 2022, doi: 10.31603/ce.7750.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v5i1.3678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.