PELATIHAN PEMANFAATAN IT DAN ENTERPRENURSHIP PADA MASA PANDEMI BAGI SISWA/I DI SMA IT AN QORDHOVA

Neni Purwati, Sri Karnila, Hendra Kurniawan, Nurjoko Nurjoko, Sri Rahayu

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan dan permintaan dari pihak sekolah SMA IT Qordhova pada masa pandemi covid 19, yang bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa/siswi tentang manfaat TI dalam dunia enterpreneurship, dan cara berjualan secara online. Kegiatan ini memberikan materi agar siswa dapat memanfaatkan peluang dari dampak covid-19 bahwa manusia banyak beraktivitas dengan TI, oleh karena itu siswa/siswi membutuhkan pengetahuan bahwa Teknologi Informasi adalah sarana yang dapat mengupgrade kemampuan individu, terutama untuk menjalankan bisnis pada dunia enterpreneurship. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga fase yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Fase pertama yakni persiapan dimulai dengan melakukan kunjungan ke sekolah untuk melakukan koordinasi dan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Fase pelaksanaan kegiatan menerapkan metode ceramah dengan teknik presentasi, praktik langsung, dan dengan tanya jawab, serta permainan game education. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA IT An Qordhova selama 3 hari pada tanggal 3-5 Agustus 2020 yang dihadiri sekitar 15 siswa/siswi dan 5 orang guru. Fase pelaporan dikerjakan setelah terlaksananya kegiatan pengabdian. Kegiatan ini berdampak bahwa siswa/siswi telah memiliki akun dan dapat mulai berjualan di medsos.

Full Text:

PDF

References


M. Siahaan, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” J. Kaji. Ilm., vol. 1, pp. 1–3, 2020.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, “Pengenalan,” Kemendikbud, 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengenalan.

N. E. Indraswari and Y. Rahayu, “Pengaruh Kompetensi Pemerintah Desa , Partisipasi Masyarakat dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 10, no. 4, pp. 1–15, 2021.

D. Sunyoto, Kewirausahaan Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika, 2013.

P. S. Hadiyani, Z. Abidin, W. Utamidewi, and U. Singaperbangsa Karawang, “Pengaruh tayangan drama Korea Itaewon class pengaruh terhadap motivasi menjadi entrepreneurship,” J. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 9, no. 1, pp. 132–144, 2021.

R. J. Ebert and R. W. Griffin, Business essentials. Upper Sadle River, 2003.

Y. Suryana and K. Bayu, Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Kasmir, Kewirausahaan. Jakarta: Raja Grafika, 2014.

D. F. P. A. Alaida and M. Puspaningtyas, “Prosiding National Seminar on Accounting , Finance , Social Entrepreneurship Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi,” vol. 1, no. 3, pp. 13–22, 2021.

R. Atmaja and M. Maryani, “Analisa Perilaku Konsumtif dan Daya Beli Konsumen Terhadap Penjualan Online selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Terap. Ilmu Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 88–109, 2021.

R. Pamungkas, Saifullah, Q. R. Pratama, and O. A. T. Cahyo, “Pemanfaatan Website Desa Dalam Optimalisasi Informasi Publik kepada masyarakatdi Desa Kiringan,” DAYA -MAS Media Komun. Has. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://dayamas.unmermadiun.ac.id/index.php/dayamas/article/view/43/44.

A. A. Manik Pratiwi, “Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Satyagraha, vol. 3, no. 2, pp. 73–81, 2020, doi: 10.47532/jis.v3i2.179.

S. Mukhtar et al., “Digital Social Media: Creative Economy Quarantine during the Coronavirus Pandemic,” Int. J. Innov. Creat. Chang., vol. 13, no. 7, 2020, [Online]. Available: Www.Ijicc.net.

M. H. Fadhlan and K. Y. S. Putri, “Pengaruh Gaya Komunikasi Akun Instagram Folkative Terhadap Online Engagement (Studi Kasus Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2019),” Maret, vol. 18, p. 1, 2019.

C. Johnsson, “Berkeley Method of Entrepreneurship – Using games for practicing the Entrepreneurial Mindset • Recap Berkeley Method of Entrepreneurship.”




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v4i02.3297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.