PELATIHAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI KOMPUTER UNTUK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH PESAWARAN

Neni Purwati, Hendra Kurniawan, Sri Karnila

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para santri Pondok Pesantren Al Hidayah tentang penggunaan teknologi komputer agar meningkatkan kemampuan santri dengan mengadakan pelatihan pengenalan komputer, pengenalan jaringan, pengenalan Al-Qur’an digital sehingga dapat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Pada pelaksanaan pengabdian ini diselesaikan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan. Tahap persiapan dilakukan dengan survey awal pada sekolah sasaran untuk mengetahui hal-hal yang dibutuhkan para santri dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Tahap pelaksanaan diterapkan metode ceramah dengan teknik presentasi, diselingi dengan tanya jawab dari peserta. Kegiatan ini dilakukan pada Pondok Pesantren Al Hidayah yang dihadiri sekitar 20 orang santri selama 1 hari, pada tanggal 10 Mei 2018 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB. Tahap pelaporan, setelah kegiatan pengabdian ini selesai dilanjutkan proses pembuatan laporan kegiatan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, terlihat bahwa para santri sangat senang dalam mengikuti semua materi yang disampaikan oleh tim pengabdi yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan saat pelaksanaan pelatihan.


Full Text:

PDF

References


M. A. Athoillah and E. R. Wulan, “Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0,” 2019, [Online]. Available: http://iainkediri.ac.id/prosiding/index.php/pascasarjana/article/view/14/13.

E. L. Mulyani, L. R. R., and A. N. M., “Pemanfaatan Teknologi komputer Dalam Rangka Pengembangan Sdm Yang Unggul Dan Berkualitas Pada SMP IT Daarussalaam Tasikmalaya,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 1, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/1886/1048.

S. D. A. Febriani, R. E. Rachmanita, and M. I. Nari, “Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Teknologi komputer Guna Terbentuknya Pondok Mandiri Energi Di Pp. Nurussalam Ambulu Jember,” 2019, [Online]. Available: file:///C:/Users/asus/Downloads/1732-Article Text-5851-1-10-20191211 (1).pdf.

R. R. S. Wiranata, “Tantangan, Prospek, dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Komun. dan Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, 2019,[Online].Available: http://www.journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/99/94.

M. B. Ghazali, Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan: Kasus Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura. Jakarta: Pedoman Ilmu, 2001.

N. D. Afwiyana, Y. Amrozi, and T. Falihah, “Langkah Cerdas Bermedia Sosial Di Kalangan Santri Milenial,” SAINTEKBU J. Sains dan Teknol., vol. 11, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/1880/1/Yusuf Amrozi_Langkah cerdas bermedia sosial di kalangan santri milenial.pdf.

H. F. Siagian, Peran dan Tanggung Jawab Jurnalis Muslim. 2014.

A. Maddinsyah, I. Fauzi, and A. Barsah, “Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatan - Banten,” J. Pengabdi. DHARMA LAKSANA Mengabdi Untuk Negeri, vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/2426/1920.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v2i02.3103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.