PELATIHAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL HIDAYAH TANAH KUSIR PESAWARAN

Neni Purwati, Hendra Kurniawan, Sri Karnila

Abstract


Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para santri Pondok Pesantren Al Hidayah tentang penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan santri seperti pelatihan pengenalan komputer, pengenalan jaringan, pengenalan Al-Qur’an digital sehingga membantu dalam penyelesaian tugas-tugas sekolah. Dalam pelaksanaan pengabdian ini diselesaikan dalam tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, pelaporan. Persiapan dilakukan dengan melakukan survey awal untuk mengetahui apa yang dibutuhkan para santri dalam kegiatan pengajaran di kelas. Pelaksanaan Pelatihan, menggunakan metode ceramah yaitu dengan teknik presentasi, disertai dengan tanya jawab dari peserta. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Hidayah yang dihadiri sekitar 20 santri. Pada tahap pelaporan, setelah selesainya kegiatan pengabdian ini dibuatkan laporan kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari, pada tanggal 10 Mei 2018 mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, bertempat di Pondok Pesantren Al Hidayah. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan, para santri terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh tim pengabdi dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan saat pelaksanaan pelatihan.

 

Kata Kunci — Pengenalan Komputer, Pengantar Jaringan, Al-Quran Digital


References


M. A. Athoillah and E. R. Wulan, “Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0,” 2019, [Online]. Available: http://iainkediri.ac.id/prosiding/index.php/pascasarjana/article/view/14/13.

E. L. Mulyani, L. R. R., and A. N. M., “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Rangka Pengembangan Sdm Yang Unggul Dan Berkualitas Pada SMP IT Daarussalaam Tasikmalaya,” J. Bakti Masy. Indones., vol. 1, no. 1, 2018, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/baktimas/article/view/1886/1048.

S. D. A. Febriani, R. E. Rachmanita, and M. I. Nari, “Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya Berbasis Teknologi Informasi Guna Terbentuknya Pondok Mandiri Energi Di Pp. Nurussalam Ambulu Jember,” 2019, [Online]. Available: file:///C:/Users/asus/Downloads/1732-Article Text-5851-1-10-20191211 (1).pdf.

R. R. S. Wiranata, “Tantangan, Prospek, dan Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0,” J. Komun. dan Pendidik. Islam, vol. 8, no. 1, 2019,[Online].Available: http://www.journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/99/94.

M. B. Ghazali, Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan: Kasus Pondok Pesantren An-Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep Madura. Jakarta: Pedoman Ilmu, 2001.

N. D. Afwiyana, Y. Amrozi, and T. Falihah, “Langkah Cerdas Bermedia Sosial Di Kalangan Santri Milenial,” SAINTEKBU J. Sains dan Teknol., vol. 11, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://repository.uinsby.ac.id/id/eprint/1880/1/Yusuf Amrozi_Langkah cerdas bermedia sosial di kalangan santri milenial.pdf.

H. F. Siagian, Peran dan Tanggung Jawab Jurnalis Muslim. 2014.

A. Maddinsyah, I. Fauzi, and A. Barsah, “Peran Teknologi Dalam Mengembangkan Potensi Diri Bagi Santri Di Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera Kelurahan Kedaung Pamulang Tangerang Selatan - Banten,” J. Pengabdi. DHARMA LAKSANA Mengabdi Untuk Negeri, vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/2426/1920.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v2i02.3103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.