PKM PELATIHAN PEMBUATAN BONEKA EDUKASI DARI LIMBAH KAIN PERCA DAN KAOS KAKI BAGI PEMUDA/I GEREJA BETH TEFILAH HANURA KABUPATEN PESAWARAN

Susanti SE MM, Riri Carisa, muhammad saputra

Abstract


Pemuda/i Gereja Beth Tefilah merupakan perkumpulan anak muda atau remaja Gereja Beth Tefilah Hanura Kabupaten Pesawaran yang memiliki kegiatan keagamaan guna mendukung kegiatan-kegiatan agama kristen di kecamatan Hanura, Kabupaten Pesawaran. Berdasarkan hasil observasi tim pengabdi diperlukan sebuah kegiatan baru yang mendukung kegiatan pemuda/i Gereja dalam hal pengembangan sekolah minggu. Tim pengabdi mengusulkan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat bagi  Pemuda/i Gereja Beth Tefilah Hanura Kabupaten Pesawaran dengan memanfaatkan sampah atau kain yang tidak terpakai atau kain perca dan kaos kaki limbah usaha kecil menengah (UKM) konveksi dan jahit dengan mengumpulkan kain-kain yang tidak terpakai yang ada disekitar Gereja dengan membuat boneka edukasi sehingga dapat menambah wawasan anak anak sekolah minggu. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab/diskusi dan praktek. Hasil setelah dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) Pelatihan Pembuatan Boneka Edukasi Dari Limbah Kain perca dan kaos kaki berupa barang kreasi boneka edukasi pembelajaran sekolah minggu yang di gunakan oleh Pemuda/i Gereja Beth Tefilah yang di peruntukan bagi anak – anak dan remaja sekolah minggu di gereja. Selain Pemuda/i Gereja Beth Tefilah memiliki wawasan tambahan mengenai pemanfaatan media E-commerce sebagai media penjualan boneka kreasi edukasi yang dapat di jual kepada masyarakat melalui media online.

 



References


Rosdiana, A., Yulistianti, H.D. and Laila, A.N., 2018. Pemanfaatan Kain Perca sebagai APE Pillow Doll untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Dedicators Community, 2(1), pp.1-7.

Saputra, M. and Sari, N., 2019. Pelatihan Inovasi dan Pemasaran Produk Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Singkong di Pekon Tanjung Anom Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp.7-12.

Sova, M., Rosmiati, E. and Rushadiyati, R., 2019. Pelatihan Pembuatan Kerajinan Tangan Kain Flanel Dan Kain Perca Untuk Bekal Wirausaha Mandiri. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS), 3(2), pp.120-123.

Angendari, M.D., 2017, November. PELATIHAN MEMBUAT AKSESORIS DAN MILINERIS DARI KAIN PERCA PADA SISWA SLB B NEGERI SINGARAJA. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2, pp. 396-403).

Muliyani, N., Sunarmintyastuti, L., Theodora, B.D. and Marti'ah, S., 2019. Pelatihan Pembuatan Produk Hiasan dengan Limbah Kain Perca di Kelurahan Pangkalan Jati Kota Depok. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 2(02), pp.142-147.

Dewi, R.K. and Praditiya, A.V., 2017. Pelatihan Pembuatan Bedcover Kaca (Kain Perca) Untuk Bekal Wirausaha di Panti Asuhan Bina Insani Ngawi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), pp.57-61.

Evasari, A.D., Utomo, Y.B. and Ambarwati, D., 2019. Pelatihan Dan Pemanfaatan E-Commerce Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Di Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp.75-84.




DOI: https://doi.org/10.30873/jppm.v2i02.2418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat is abstracting and indexing in the following databases:


JURNAL PUBLIKA PENGABDIAN MASYARAKAT

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) 

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya             

Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung 

Website: jurnal.darmajaya.ac.id 

Email: lp4mjurppm@darmajaya.ac.id


 View Jurnal Publika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Publika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.