PENERAPAN JURNAL AKUNTANSI SEDERHANA DALAM MENGHASILKAN LABA USAHA PADA BISNIS PENGHARUM LAUNDRY

Hesti Widi Astuti

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha dalam mencari laba usaha dari setiap transaksi yang terjadi dalam satu periode akuntansi. Hasil pengabdian ini adalah jurnal akuntansi yang akhirnya membantu pemilik untuk mengetahui laba usaha sesungguhnya. Oleh itu, pencatatan keuangan sangat penting, terlebih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak pelaku bisnis pemula yang sering melupakan catatan keuangan bisnis yang sedang mereka jalankan. Ketika usaha UKM emakin maju dan membutuhkan modal, ketika melakukan pengajuan pinjaman ke bank, laporan keuangan bisnislah yang akan dilihat oleh pihak perbankan. Oleh karena itu, UKM harus rapi melakukan pencatatan keuangan secara berkala dari awal. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh pengabdi di UKM Pengharum Laundry, sehingga UKM mengetahui laba usaha sesungguhnya, yang dapat dilihat dari transaksi-transaksi sederhana yang telah dicatat pada jurnal yang disediakan. Dengan demikian, pembukuan usahapun dapat tertata dengan rapih sehingga pemilik tidak perlu meraba lagi dalam meghitung laba usaha.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Surat menyurat :

LP4M Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Gedung A Rektorat lt. 2, Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Labuhan Ratu Bandar Lampung 35142. Telp (0721) 787214 Fax (0721) 700261

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

My Stats jurnal