PENGEMBANGAN BUSINESS ENTITY SEBAGAI BENTUK KONTRIBUSI MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN KAWASAN MINAPOLITAN

Supriyati ., Meliza ., Aniek ., Nuhman .

Abstract


Kecamatan candi merupakan salah satu kecamatan di kabupaten sidoarjo yang sebagian besar wilayahnya adalah pertambakkan dan telah dicanangkan menjadi kawasan minapolitan. Setelah bencana lumpur lapindo melanda Kabupaten Sidoarjo, ibu-ibu petani tambak didorong untuk memiliki usaha pengolahan hasil tambak yang bernama kelompok bandeng badjuri yang bersifat berkesinambungan sehingga mampu meningkatkan perekonomian mereka. Namun, mereka masih memiliki keterbatasan dalam pengelolaan manajemen usaha dan akuntansi sehingga mereka belum mampu menunjukkan kinerja usaha secara transparam dan akuntabel. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat yang diimplementasikan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan usaha. Pendampingan usaha diarahkan pada pengelolaan usaha sampai penyusunan laporan keuangan. Kegiatan ini juga didukung oleh BAPEDA dan dinas terkait di kabupaten sidoarjo juga turut memberikan kontribusi besar dalam mendorong wirausaha di kecamatan candi ini. Saat ini sudah ada sepuluh usaha pengolahan hasil tambak yang berkesinambungan serta mampu menyajikan laporan keuangan yang digunakan untuk media alternatif perolehan dana pada lembaga keuangan perbankan. Dukungan moril dan material dari pemerintah dan pihak terkait diharapkan mampu mendukung pengembangan usaha ibu-ibu ini yang akan memberikan kontribusi pada terwujudnya kawasan minapolitan di Kabupaten Sidoarjo.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Surat menyurat :

LP4M Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya

Gedung A Rektorat lt. 2, Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Labuhan Ratu Bandar Lampung 35142. Telp (0721) 787214 Fax (0721) 700261

 

Creative Commons License

Jurnal Teknologi Informasi dan Bisnis Pengabdian Masyarakat Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

 

My Stats jurnal