Sistem Perancangan dan Pembuatan Nilai Siswa Pada Sekolah Menengah Atas

Reno Afristian

Abstract


Di bidang pendidikan, peranan teknologi informasi sudah tidak dapat dipisahkan lagi. Hampir seluruh sekolah baik pemerintah maupun swasta saat ini sedang menerapkan sistem berbasis komputer dalam mengelola data-data yang berhubungan dengan pendidikan seperti data siswa, administrasi, nilai, jadwal pelajaran dan lain sebagainya. Dengan adanya sistem yang terkomputerisasi maka dapat memberikan pelayanan yang baik dan cepat untuk pihak internal maupun eksternal.

Untuk meraih prestasi belajar yang baik dapat dilihat dari nilai yang dihasilkan seorang siswa dari hasil proses belajar yang telah dijalaninya. Dari proses pembelajaran kemudian dilakukan tes atau ulangan dan hasilnya akan diproses untuk menghasilkan sebuah nilai, baik untuk nilai kognitif maupun nilai afektif. Mengingat pentingnya data nilai siswa, maka data tersebut perlu dikelola dengan baik. Untuk itu diperlukan sebuah sistem informasi manajemen yang baik pula agar data nilai siswa lebih terorganisir.

Database digunakan untuk pengelolaan data agar pengolahan data dan dokumentasi data menjadi lebih baik sehingga data-data tersebut lebih terintegrasi. Selain itu juga dapat memberikan kemudahan bagi pihak yang berkepentingan dalam melakukan pencarian data. Pokok pemikiran dalam merancang database adalah bagaimana merancang database sehingga dapat memenuhi kebutuhan saat ini dan kemudahannya untuk dikembangkan dimasa yang akan datang.

Kata kunci : Teknologi Informasi, data, database, dan dokumentasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


APTIKOM WILAYAH2