Sistem Pendukung Keputusan Guru Terbaik Di MA Al-mannan Bagik Nyaka Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw)

Zainuddin Nazri, Achmad Baijuri, Sunardi Sunardi, Yusril Haza Mahendra

Abstract


Abstract

Dalam konteks ini, sistem pendukung keputusan muncul sebagai solusi penting dalam menghadapi lonjakan informasi dan teknologi. Madrasah Aliyah (MA) Al-mannan Bagik Nyaka, sebuah lembaga pendidikan di Lombok Timur, mempertimbangkan penerapan teknologi untuk memilih guru terbaik. Metode konvensional yang digunakan saat ini kerap menimbulkan kesalahpahaman di antara guru-guru. Oleh karena itu, adopsi teknologi pendukung keputusan dengan pendekatan Simple Additive Weighting (SAW) menjadi alternatif yang menjanjikan.Metode SAW digunakan untuk menilai dan memilih alternatif dalam kasus-kasus terbatas. Metode ini memberikan keunggulan dalam akurasi, dengan merangkul nilai kriteria dan bobot yang telah ditentukan sebelumnya. Kelebihan utama SAW terletak pada kemampuannya memilih alternatif terbaik berdasarkan perangkingan nilai tertinggi, setelah atribut dan bobotnya ditetapkan. Pendekatan ini juga meminimalkan waktu perhitungan.Implementasi teknologi pendukung keputusan dengan metode SAW akan memberikan solusi yang lebih efisien dan akurat dalam pemilihan guru terbaik di MA Al-mannan Bagik Nyaka. Ini akan membantu kepala sekolah dalam membuat keputusan yang lebih tepat, memberikan penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi, dan mendorong peningkatan kualitas pengajaran. Dengan demikian, adopsi teknologi ini akan memainkan peran penting dalam mendukung kemajuan pendidikan di era modern ini.


Full Text:

PDF

References


m. K. Mila khoirotul azkiyah, s.kom, sumanda ika novichasari, implementasi simpel additive weighting (saw) dalam sistem pendukung keputusan penentuan siswa lulusan terbaik. Jawa tengah: anggota ikpai, 2019.

s. Utara-indonesia, “sistem pendukung keputusan pemelihan guru terbaik pada smk maria goretti pemetangsiantar menggunakan metode simple additive weighting (saw,” vol. 1, 2016.

m. Maulana et al., “analytical hierarchy process dan simple additive weighting untuk penentuan guru terbaik pada smks analytical hierarchy process and simple additive weighting for determining the best teacher at bina,” vol. 2, no. April, pp. 716–725, 2023.

f. Septian and a. Sofyan, “sistem pendukung keputusan pemilihan guru berprestasi menggunakan metode saw (simple additive weighting) (studi kasus : smk negeri 29 jakarta selatan),” j. Ji-tech, vol. 11, no. 2, pp. 29–34, 2015, [online]. Available: https://jitech.i-tech.ac.id/index.php/jitech/article/view/27

m. Zamili, riset kualitatif dalam pendidikan teori dan praktik. Depok: pt rajagrafindo persada, 2017.

m. K. Ir. Made suci ariantini, s.pd., m.kom, ronald belferik, s.kom., m.kom, dr. Ovi hamidah sari, s.e., m.m, prof. Dr. Musran munizu, se., m.si., cipm., cboa., csopa, erika fahmi ginting, s.kom., m.kom, mardeni, st., sistem pendukung keputusan konsep metode dan implementasi. Jambi: sonpedia publishing indonesia, 2023.

antologi esia, aku bangga menjadi guru peran guru dalam penguatan nilai karakter peserta didik. Yogyakarta: uud press anggota ikapi dan appti, 2021.

facmi basyaib, teori pembuatan keputusan. Jakarta: grasindo, 2021.

l. V. A. M. Harry k saputra, belajar cepat metode saw. Bandung: kreatif industri nusantara, 2020.

m. K. Ridho pamungkas, teori dan implementasi pemrograman web. 2018.

d. R. Haviluddin, agus tri haryono, aplikasi program php & mysql. Kalimantan timur: samarinda mulawarman university press, 2016.

a. Prasetio, buku sakti webmaster. Jakarta: mediakita, 2014.

h. Ahmad, pemodelan sistem menggunakan power designer. Situbondo: amiki press, 2014.

i. S. Henny febriana harumy, agus perdana widarto, belajar dasar alogaritma dan pemrograman c++. Yogyakarta: deepublish, 2020.

m. A. Fitriani dwi ramadhani, sistem prediksi penjualan dengan metode single exponential smoothing dan trend parabolik. Tenggerang selatan: mediatama digital candekia, 2021.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v6i2.3856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.