Electronic Customer Relationship Managemeny (E-CRM) Untuk Sistem Pengaduan Pencemaran Lingkungan

Nurjoko Nurjoko, Ihwan Nurdin, Sri Karnila, Hendra Kurniawan, Ruki Rizal, Neni Purwati

Abstract


Pencemaran lingkungan seperti tempat pembuangan sampah merupakan salah satu hal yang penting untuk mendapatkan perhatian dari jasa lingkungan demi kenyamanan masyarakat. Saat ini, sistem pengaduan pencemaran lingkungan belum dikelola dengan baik, dan masyarakat belum dapat menyampaikan aspirasi pencemaran secara langsung. Sehingga sistem electronic customer relationship management (E-CRM) dikembangkan dengan sangat baik, tidak hanya sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi pengaduan tetapi juga sebagai sistem pengambilan keputusan bagi Dinas Lingkungan Hidup dalam memberikan tindakan pencegahan pencemaran. dan tanggapan terhadap keluhan.Sistem E-CRM ini dikembangkan dengan menggunakan metode Rasional Unified Process (RUP), dengan tahapan mulai dari pengumpulan data, analisis, perancangan, dan implementasi berbasis mobile web. Informasi pengaduan pencemaran terekam dengan baik, dan pengelola dapat segera memberikan layanan tanggap langsung lengkap dengan informasi lokasi pencemaran. Hal ini menunjukkan bahwa E-CRM dapat meminimalisir terjadinya informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab serta mengurangi informasi hoax. Keunggulan lain dari E-CRM adalah semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan agar terhindar dari polusi. informasi.Melalui E-CRM ini, semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan untuk mencegah terjadinya pencemaran. Hal ini menunjukkan bahwa E-CRM dapat meminimalisir terjadinya informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab serta mengurangi informasi hoax. Keunggulan lain dari E-CRM adalah semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan agar terhindar dari polusi. informasi. Melalui E-CRM ini, semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan untuk mencegah terjadinya pencemaran.Hal ini menunjukkan bahwa E-CRM dapat meminimalisir terjadinya informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab serta mengurangi informasi hoax. Keunggulan lain dari E-CRM adalah semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan agar terhindar dari polusi. informasi. Melalui E-CRM ini, semua orang, dimanapun dan kapanpun, dapat menyampaikan aspirasi dan kepeduliannya terhadap lingkungan untuk mencegah terjadinya pencemaran.

Full Text:

PDF

References


A.S, R., & Shalahuddin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika. In Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Bintang, A., Andriani, R., Rizki, K., & Dewantara, Y. (2016). PERAN E-CRM (ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi pada Harris Hotel & Conventions Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 40(1), 194–198.

Ependi, U., Kunang, Y. N., Novifika, S., Universitas, D., Darma, B., & Universitas, M. (2015). Implementasi Metode Rational Unified Process Pada Mobile Digital Library. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol.16(03), 34–44.

Fahrudiansyah, T., & Rosalina, V. (2018). Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pengelolaan Sampah dalam Upaya Menuju Serang sebagai Smartcity. Prosiding Seminar …, November, 135–140. http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/snartisi/article/view/820

Ham, M., & Samuel, H. (2016). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Pelanggan Matahari Departement Store. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.1007/s004180050413

Perwitasari, R., Afawani, R., & Anjarwani, S. E. (2020). Penerapan Metode Rational Unified Process (RUP) Dalam Pengembangan Sistem Informasi Medical Check Up Pada Citra Medical Centre. Jurnal Teknologi Informasi, Komputer, Dan Aplikasinya (JTIKA ), 2(1), 76–88. https://doi.org/10.29303/jtika.v2i1.85

Pramoedita, A., Susanto, P., & Oscar, D. (2018). Pemodelan Sistem Informasi Penjualan Produk Kecantikan Secara Online Dengan Metode Rational Unified Process Studi Kasus : PT. Lautan Angsa Indonesia. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology, 3(2), 222–227.

Ramadhani Pratiwi, A., & Arwin Dermawan, D. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Jeisbi, 02(03), 87–93. https://www.bareksa.com/

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Tarmuji, A., & Nurfuadi, I. (2015). Pembuatan Model Customer Relationship Management (Crm) Dinas Kesehatan Diy Menggunakan Metode Cobit 4.1 Dengan Domain Delivery and Support (Ds). Telematika, 12(2), 159–166. https://doi.org/10.31315/telematika.v12i2.1412

Tryana, A., Damayanti, S., & Purwanto, H. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Bahan Bangunan Berbasis Website di Tb . Gilang Putra. 2(1), 97–108.

Yulianti, L., Sjahruddin, H., & Tahir, B. (2015). Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Android Merek Samsung. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 3(3), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v6i1.3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.