Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Tabung Gas LPG Menggunakan Sensor MQ-6 Berbasis Arduino Uno

M. Abu Jihad Plaza R, Chindy Meldika Rani

Abstract


Banyak sekali kejadian meledaknya tabung gas yang berbahaya bagi masyarakat, hal ini disebabkan LPG yang memilki karakteristik yang mudah terbakar dan memiliki berat jenis yang lebih besar dari udara sehingga sulit untuk mendeteksi gas tersebut apabila terjadi kebocoran. Meledaknya tabung gas ini disebabkan oleh banyak faktor seperti kebocoran pada selang, tabung atau pada regulatornya yang tidak terpasang dengan baik. Saat terjadi kebocoran akan tercium gas yang menyengat, gas inilah yang nantinya akan meledak apabila ada sulutan atau percikan api. Tabung gas yang meledak akibat kesalahan manusia ataupun kesalahan dalam proses produksi tabung gas LPG seharunya mendapatkan penanganan segera agar tidak semakin banyak korban berjatuhan.

Dengan adanya kemajuan teknologi pada saat ini, khususnya dibidang teknologi informasi dan komunikasi hal tersebut dapat ditangani menggunakan mikrokontroler, dalam hal ini mikrokontroler yang digunakan yaitu Arduino. Penulis mengembangkan perancangan alat pendeteksi kebocoran tabung gas LPG berbasis arduino uno menggunakan sensor MQ-6 dan metode prototype sebagai metode perancangannya.

Tujuan dari penelitian ini ditujukan bagi masyarakat untuk memudahkan dalam pengecekan atau mendeteksi kebocoran gas pada tabung gas LPG pada kehidupan sehari-hari guna menghindari terjadinya kebakaran. Hasil pengujian terhadap alat pendeteksi kebocoran gas terlihat sensor MQ-6 dapat mendeteksi adanya keberadaan gas. Media gas yang digunakan dalam menguji alat pendeteksi tersebut yaitu media gas berupa kompor gas dengan hasil alat pendeteksi tersebut berhasil mendeteksi keberadan gas. Buzzer sukses  beroperasi dengan cara mengeluarkan bunyi apabila sensor MQ-6 mendeteksi adanya gas. LCD berhasil menampilkan keterangan kondisi ruangan baik dalam kondisi terdapat gas maupun tidak terdapat gas.


Full Text:

PDF

References


Dickson Kho. 2021. “Pengertian LCD (Liquid Crystal Display) Dan Prinsip Kerja LCD.” Teknik Elektronika.

Hakim, Lukman, and Vidi Yonatan. 2017. “Deteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Detektor Arduino Dengan Algoritma Fuzzy Logic Mandani.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi) 1(2).

Hutagalung, D.D. 2018. “RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN GAS DAN API DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR MQ2 DAN FLAME DETECTOR.” Jurnal Rekayasa Informasi 7(2).

Jihad Plaza R, M. Abu, and Rudi Hartono. 2021. “Penerapan Kriptografi Caesar Chiper Pada Aplikasi Chatting Berbasis Local Area Network.” Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data): 1–10. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/SIMADA/article/view/2630/pdf (July 27, 2022).

Sarmidi, and Rian Akhmad Fauzi. 2019. “Pendeteksi Kebocoran Gas Menggunakan Sensor Mq-2 Berbasis Arduino Uno.” Manajemen Dan Teknik Informatika 03(01).

Siahaan, A. P.U. et al. 2018. “Arduino Uno-Based Water Turbidity Meter Using LDR and LED Sensors.” International Journal of Engineering and Technology(UAE) 7(4).

Wahyuni, Refni, Jeri Trio Sentana, Muhardi, and Yuda Irawan. 2021. “Water Level Control Monitoring Based on Arduino Uno R3 ATMega 238p Using Lm016l LCD at STMIK Hang Tuah Pekanbaru.” Journal of Robotics and Control (JRC) 2(4).




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v5i1.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.