Teknik Data Mining menggunakan Algoritma Decision Tree (C4.5) untuk Prediksi Seleksi Beasiswa Jalur KIP pada Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Khusnul Khotimah

Abstract


Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan beasiswa Pendidikan yang diberikan pemerintah bagi alumni SMA/SMK/MA sederajar yang memiliki potensi akademik yang baik serta berkeinginan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. KIP kuliah sendiri pada penyalurannya dilakukan pemerintah melalui kemendikbud ke pihak Perguruan Tinggi dalam implementasinya penyelenggaraannya. Universitas Muhammadiyah kotabumi (UMKO) adalah salah satu perguruan tinggi yang membuka pendaftaran masuk Universitas melalui beasiswa jalur KIP. Berdasarkan data diketahui terdapat 210 pendaftar  dan dari hasil seleksi peserta  yang mendaftar seleksi KIP terdapat 204 calon mahasiswa yang mengikuti proses tes. Selama ini dalam penentuan data penskoran bobot hasil belum mengacu dan memanfaatkan data tahun sebelumnya. Sedangkan data tersebut dapat dijadikan acuan sebagai sumber data pengetahuan. Oleh karean itu, diperlukan suatu teknik untuk menggambarkan data menjadi lebih ringkas dan cepat. Data mining merupakan Teknik yang dapat digunakan untuk menggambarkan Serangkaian proses mendapatkan pengetahuan atau suatu pola dari kumpulan data. Algoritma Decision Tree (C4.5) merupakan salah satu algoritma data mining yang dapat digunakan untuk klasifikasi data membantu menyelesaikan permasalahan klasifikasi. Berdasarkan hasil penelitian implementasi data mining menggunakan algoritma decision tree (C4.5) diperoleh nilai akurasi sebesar 100%. Uji akurasi juga dilakukan dengan algoritma Naïve Bayes untuk memperoleh perbandingan tingkat akurasi. Berdasarkan uji akurasi dua algoritma diperoleh data tingkat akurasi sebesar 100% pada algoritma Decision Tree (C4.5) dan 90,16 % pada algoritma Naïve bayes. Hal ini dapat disimpulkan akurasi algoritma Decision Tree (C4.5) untuk prediksi calon mahasiswa penerima beasiswa jalur KIP lebih baik dibandingkan algoritma Naïve bayes.

 

Kata Kunci: Data Mining; Algoritma Decision Tree (C45); KIP Kuliah; Klasifikasi

Full Text:

PDF

References


Adit, A. 2020. Apa itu KIP Kuliah? Ini penjelasan dan Fasilitas Pembiayaannya. Website: Retrieved from Kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/19/10543491/apa-itu-kip-kuliah-ini-penjelasan-dan-fasilitas-pembiayaannya?page=all. Diakases tanggal 15 Oktober 2021

Azwanti, N., 2018. Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Mahasiswa Yang Mengulang Mata Kuliah (Studi Kasus Di Amik Labuhan Batu). Jurnal SIMETRIS(Teknik Industri, Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer) 9(1), 11-22. Print ISSN 2252-4983 dan Online ISSN 2549-3108.

Han, J., Kamber, M., & Pei, J. 2012. Data Mining Concepts And Techniques 3rd Edition (3rd ed.). Morgan Kaufmann

Khotimah, K., & Husniyati. 2020. Pengelolaan Big Data Perpustakaan dengan Teknik Data Mining. Jurnal SIENNA (Sistem dan Teknologi Informasi) 1(2), 64-70, P-ISSN: 2745-987X dan E-ISSN: 2745-9861.

Kusrini & Luthfi, E.T., 2009. Algoritma Data Mining Ed. 1. T. A. Prabawati, ed., Yogyakarta: Andi Offset.

Prasetyo, E. 2014. Data Mining – Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi Offset.

Purwati N., Nurlistiani R., 2020. Data Mining Dengan Algoritma Neural Network Dan Visualisasi Data Untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa. Jurnal Informatika, Vol. 20, No. 2, E-ISSN 2407-1544.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v4i2.3064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseMy Stats jurnal