Rancang Bangun Perangkat Lunak Monitoring Menggunakan Sensor Timbangan Dinamis Terhadap Muatan Kendaraan Dan Penindakan Pada Gerbang Tol

Yuni Arkhiansyah, Muhammad Hidayat

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era sekarang ini begitu cepat, kebutuhan untuk melakukan aktivitas dan komunikasi secara realtime sangat dibutuhkan didalam beberapa bidang industri seperti misalnya di Gerbang Tol. Dan salah satu medianya adalah alat sensor, adapun alat sensor yang dimaksud adalah timbangan kendaraan dinamis (sensor) yang mampu mendeteksi beban keseluruhan kendaraan tanpa menimbulkan antrian yang panjang digerbang tol. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem ini adalah metode Prototype. Dimana tahapan Protoype terdiri dari Mendengarkan Pelanggan, Membangun dan Memperbaiki Prototype serta Uji Coba. Metode prototype digunakan untuk menggali kebutuhan secara lebih tepat dan melibatkan pengguna secara langsung yang dalam hal ini ditemukan beberapa masalah. Hasil Penelitian ini dijelaskan mengenai Hasil dan Implementasi progam dari berbagai tahapan yang telah dirancang sebelumnya. Perlu diperhatikan sebelum Admin mulai menjalankan perangkat lunak untuk melakukan monitoring, pastikan perangkat (personal computer) memiliki sistem operasi Windows 10 Pro, dan terknoneksi dengan jaringan , dan juga perangkat lunak Backend telah di konfigurasi oleh seorang Teknisi. Setelah poin-poin yang disebutkan sudah tidak ada masalah, maka Admin dapat menjalankan perangkat lunak monitoring tersebut.

Keywords : Weigh in Motion Scale Sensors, Desktop Application, Perangkat Lunak Monitoring, Prototype, Windows 10.


Full Text:

PDF

References


Andi Kristanto, (2003). Jaringan Komputer. GRAHA ILMU, Yogyakarta.

Andi Sunyoto, (2007). Membangun Web Dengan Asynchronouse JavaScript Dan XML. Yogyakarta.

Afdila Muflihana, Dodi Sofyan Arief, Aditya Sukma Nugraha (2019) Rancang Bangun Timbangan Digital Dengan Keluaran Berat Berbasis Arduino Uno Pada Automatic Machine Measurement Mass and Dimension.

Handoyo, E. D., & Risal, L. (2011). Pemrograman Berorientasi Objek C#. Bandung: Penerbit Informatika.

Mark, Field Operation Technical Support Spv. Narasumber dalam informasi sensor timbangan dinamis Weigh in Motion Hardware dari Kistler Group.

Munawar, (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan Unified Modeling Language (UML). Depok: Informatika.

Munawar, (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan Unified Modeling Language (UML). Depok: Informatika.

Munawar, (2018). Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan Unified Modeling Language (UML). Depok: Informatika.

Nazaruddin Safaat, (2012). Pemrograman Aplikasi Mobile, Smatphone, Dasar. Jakarta : Penerbit Gunadarma.

Pangera A, & Ariyus D, (2010). Sistem Operasi. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Petr Sevcik, EMEA Service Engineer Road and Traffic “System Analyst Weigh in Motion Scale by Kistler”. Narasumber dalam informasi sensor timbangan dinamis Weigh in Motion Software dari Kistler Group.

Putri Mandarani, Andhika Putra Arlis (2017) Perancangan Prototype Pengontrolan Jembatan Timbangan OTO Menggunakan Arduino Berbasis Web.

Ramos Somya, (2018) Sistem Monitoring Kendaraan Secara Real Time Berbasis Android Menggunakan Teknologi CouchDB di PT. Bura Barutama.

Roger S. Pressman, 2012 “Buku 1 Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7”. Buku Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7 halaman 50 tentang metode prototype.

Roger S. Pressman, (2012) Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Andi.

Sintiya, Santi, (2019) Rancang Bangun Timbangan Beras Digital Dengan Keluaran Berat Dan Harga Secara Otomatis.

Suyanto, 2019. Data Mining Untuk Klasifikasi Dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika.

Yeni Kustiyahningsih, Devie Rosa Anamisa, (2011). Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Graha Ilmu : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v4i2.3005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.