Electronis Customer Relationship Management (E-CRM) Untuk Sistem Pengaduan Pencemaran Lingkungan (Studi Kasus: Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

Ihwan Nurdin

Abstract


Pada saat ini jika masyarakat ingin melakukan pengaduan terkait pencemaran lingkungan baik itu sampah maupun limbah, masyarakat harus datang langsung ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. Terkait dengan sistem pengaduan yang masih sederhana atau belum berbasis jaringan tersebut maka akan memakan waktu dan biaya untuk melakukan pengaduan.

Dalam hal ini akan lebih efektif dan efisien jika sistem pengaduan tersebut dijadikan sistem pengaduan berbasis website dan aplikasi mobile yang terkoneksi dengan internet. Maka dari itu penulis membuat Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Untuk Sistem Pengaduan Pencemaran Lingkungan Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung guna memudahkan masyarakat dalam mengadukan masalah pencemaran lingkungan.

Kata kunci: E-CRM; Pencemaran lingkungan; Website; Aplikasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v4i2.2970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.