Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA (Studi Kasus SMA Negeri 2 Muara Badak)
Abstract
Peran dari media pembelajaran pada mata pelajaran fisika mempunyai arti yang cukup penting karena sebagai perantara dalam penyampaian bahan ajar guna tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran berbasis android dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi adalah metode 4D. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek penelitian yang terlibat adalah 3 ahli media, ahli materi yaitu 1 guru Fisika, dan 5 siswa kelas x SMA Negeri 2 Muara Badak, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis android untuk mata pelajaran fisika materi pokok energi. Uji kelayakan dapat dilihat pada perolehan hasil angket pengujian program yang diberikan kepada 3 ahli media didapatkan nilai sebesar 99 dengan kategori layak, untuk hasil angket pengujian program yang diberikan kepada ahli materi didapatkan nilai sebesar 94 dengan kategori sangat layak, dan untuk hasil angket pengujian program yang diberikan kepada 5 siswa didapatkan nilai sebesar 37 dengan hasil kategori sangat layak.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v4i1.2637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)
Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id
View Jurnal SIMADA StatCounter
Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.