Sistem Informasi Catatan Pelanggaran Siswa Berbasis Android (Studi Kasus : MTS Nurul Huda Madukoro)

Ferly Ardhy, Rustam Rustam

Abstract


Pada MTS Nurul Huda Madukoro saat ini masih mengandalkan pencatatan pelanggaran siswa secara manual kedalam buku. Artinya guru dalam hal ini harus mencatat dan menghitung pelanggaran siswa kedalam buku. Ini menunjukkan belum adanya sistem yang efektif dan efisien dengan asas cepat, dan tepat.

 Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode Design and creation. Aplikasi dirancang berbasis client-server ini berjalan di sistem operasi Android dan Web, dirancang dengan bahasa pemrograman Java untuk aplikasi, dan HTML, Php, CSS untuk Web. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Metode perancangan aplikasi yang digunakan adalah Xtreme Progamming (XP). Teknik pengujian sistem yang digunakan pada penelitian ini adalah black box testing.

Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu orang tua dalam mengetahui perilaku siswa di sekolah demi pencapaian keberhasilan studi siswa. Guru juga dapat dengan mudah untuk melakukan input pelanggaran dan menghitung poin pelanggaran siswa yang nanti nya guru dapat merekap poin pelanggaran siswa di akhir semester.

Keywords :  Pelanggaran siswa , Android, Xtreme Progamming (XP)


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30873/simada.v3i2.2358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Office:

Informatics and Business Institute Darmajaya
Information System (F Building , 1st Floor) Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung 35141, Indonesia
Website:  jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseMy Stats jurnal