Rancang Bangun Tour Guide Pulau Pahawang Berbasis Android

TM Zaini, Triowaly Rosandy, Intan Ardila Sari

Abstract


Kabita Travelling merupakan usaha jasa yang bergerak pada bidang travel pariwisata trip Pulau Pahawang.  Kabita Travelling menawarkan 2 (dua) jenis paket wisata, yaitu paket one day dan 2 day 1 night. Destinasi yang dikunjungi adalah Pulau Pahawang Besar, Pulau Pahawang Kecil (Pasir Timbul), Pulau Kelagian Kecil, Pulau Mahitam, snorkeling Taman Nemo, dan senorkeling Cukuh Bedil. Paket wisata yang disediakan oleh Kabita Travelling biasanya dipublikasikan melalui sosial media instagram dan facebook. Oleh karena itu, untuk dapat membantu pemandu wisata dengan wisatawan maka pada penelitian ini dibuatlah rancangan sebagai sarana Informasi Tour Guide Pulau Pahawang berbasis Android. Sistem ini dapat memberikan informasi, promosi, jasa travel trip pilau pahawang, aplikasi ini dapat berfungsi layaknya pemandu wisata dimana informasi-informasi yang diberikan mencakup data-data jadwal kegiatan trip, informasi mengenai trip, dan mempromosikan jasa travel trip pulau pulau pahawang . Sistem yang dibangun berbasis Android dengan minimal versi Android yang digunakan adalah Lollipop (versi 5.0). Database yang digunakan adalah MySQL dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak prototipe.

References


A.S, Rosa dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Informatika, Bandung.

Bentar, triyono Nugroho., 2014. Aplikasi Sistem Pemandu Wisata Di Kota Cirebon Berbasis Android. Jurnal Elektro Telekomunikasi Terapan.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Andi Offset, Yogyakarta.

Safaat, Nazruddin. (2012). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Yoga, Ganda Swara., dan Zalmi, Hendri. 2017. Perancangan Aplikasi Tour Guide Pariwisata Di Kota Padang Berbasis Android. Jurnal TEKNOIF, Vol. 5 No. 1, April 2017, ISSN: 2338-2724.

Zaini, TM dan Ossy Dwi Endah, 2014, Promosi Objek Wisata Unggulan Lampung Melalui Media “MAGICBOOK” Berteknologi Augmented Reality, Sembistek IBI Darmajaya, ISSN : 2407-6171.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v3i1.1892

Refbacks




Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.