Perancangan Aplikasi Web Penjualan Pakaian Muslim

Apriyanto M.Kom

Abstract


Aplikasi program penjualan pakaian muslim merupakan suatu sistem yang memberikan layanan  informasi yang berupa data transaksi penjualan barang khususnya pakaian muslim dengan menggunakan teknologi informasi berbasis web. Dalam kenyataan yang terjadi di masyarakat, sistem informasi penjualan barang yang ada belum terkelola dengan baik dan masih dilakukan secara manual sehingga seringkali terjadi kesalahan dalam pembuatan laporan yang ada, seperti proses pengolahan data transaksi penjualan, pengolahan data barang, pengolahan data customer. Tujuan penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem untuk memberikan kemudahan pada saat proses pengolahan data barang, data customer, data transaksi penjualan dan pembelian, dan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan data penjualan per-periode. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall dengan model pengembangan  SDLC  yang mampu membuat sistem secara bertahap. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Alat Bantu analisis yang digunakan menggunakan Relasi tabel dan Entity Relationship Diagram (ERD). Perangkat lunak yang digunakan adalah: Windows 7, MySql, Xampp, dan Sublime Text 3. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data transaksi penjualan dan juga pengolahan laporan  agar lebih cepat, tepat dan akurat


Full Text:

PDF

References


Apriyanto, & Christiana, Y. (2018). Perancangan Aplikasi Penjualan Mainan Anak Secara Online, 3(1), 110–121.

Apriyanto, & Ramadhan, T. S. (2017). Perancangan Sistem Penjualan Jam Tangan Pria Berbasis Web.

Apriyanto, & Salwa, F. A. (2018). Penerapan Model Waterfall Dalam Pembuatan Aplikasi Toko Kado, 3(2), 234–242.

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall, 175–183.

Kurniawan, R. (2016). Perancangan Penjualan Handphone Online Berbasis Web Mobile PAda CV. Ratu3G Cell Kota LubukLinggau, 21(2), 45–61.

Nanda, A. P., & Maharani, A. (2018). Aplikasi Electronic Commerce Sebagai Media Penjualan Produk Makanan Ringan Business Development Center Kabupaten Pringsewu, 9(2013), 127–133.

Nugraha, A., & Octasia, A. (2016). Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E-Commerce, 299–302.

Sagita, R. A., & Sugiarto, H. (2016). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web, 5(4), 49–55.

Saifudin, & Maharani, K. M. D. (2017). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Shuttle Berbasis Web Pada PO . Sumber Alam Purwokerto, 7(3), 10–16.

Sari, U. Y., Kurniawan, R., Arianto, A., & Adrianto, S. (2017). Sistem Pengolahan Data Produksi Dan Penjualan Es Balok Pada UPT PPI Kota Dumai, 9(2), 51–59.

Wulandari, & Aprilia, S. (2015). Sistem Informasi Penjualan Produk Berbasis Web Pada Channel Distro Pringsewu, 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.30873/simada.v3i1.1603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SIMADA Journal Indexing By:

  

 


Office:

Informatics and Business Institute Darmajaya
Information System (F Building , 1st Floor) Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung 35141, Indonesia
Website:  jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

 

 

 


 

 

Flag Counter

 

Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseMy Stats jurnal