PERANCANGAN MODEL ARSITEKTUR ENTERPRISE SISTEM INFORMASI BIRO ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN (BAAK) MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA THE OPEN GROUP ARCHITECTURE FRAMEWORK (TOGAF)

arifin arif Andi Karim

Abstract


Abstrak

Sistem informasi dan teknologi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Sistem informasi dapat membantu segala jenis bisnis untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses bisnis, Faktor tersebut menyebabkan banyak organisasi menerapkan sistem informasi dengan hanya memperhatikan kebutuhan sesaat. Hal tersebut menyebabkan informasi salin tumpang tindih dan adanya flatform sistem yang berbeda satu dengan yang lainnya, sehingga tidak sesuai dengan misi dan tujuan penerapan sistem informasi. Salah satu penyebab utama dari Flatform yang berbeda tersebut adalah karena kurangnya perencanaan dan tanpa memikirkan kunci utama dalam proses pengembangan sistem informasi. Pada penelitian ini dilakukan studi kasus perancangan model arsitektur enterprise sistem informasi biro administrasi akademik dan kemahasiswaan (BAAK) dengan menerapkan metode TOGAF ADM .  Tahapan – Tahapan dari metodologi Togaf ADM diterjemahkan ke dalam pemodelan arsitektur enterprise yaitu arsitektur visi, arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi dan teknologi informasi. Penelitian ini dibatasi di proses bisnis utama berdasarkan pemetaan menggunakan value chain dan hanya sampai kepada fase Opportunities and Solution pada TOGAF ADM dengan sampel penelitian pada sebuah perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah di sistem yang lama dimana sebagian pengolahahannya ditemukan masih dikelolah secara manual. Penelitian ini menghasilkan sebuah blueprint arsitektur sistem informasi berupa kandidat-kandidat aplikasi untuk setiap sub organisasi yang disusun berdasarkan tingkat prioritas kebutuhan sehingga nantinya proses penerapannya sesuai dengan yang diinginkan dan tidak mengganggu kinerja sistem informasi baik telah berjalan maupun yang sedang di bangun. Penelitian ini juga sebagai acuan landasan pengembangan arsitektur SI dalam pengelolaan perguruan tinggi untuk dapat meningkatkan pelayanan. ada penelitian ini terdapat Gap pada proses bisnis dimana dalam  menjalankan bisnis di BAAK UNU belum menggunakan IT sebagai kebutuhan utamanya dan juga pengolahan data operasional akademik masih menggunakan aplikasi standar seperti microsoft Office.        

Kata Kunci : Perancangan, Arsitektur Enterprise,TOGAF ADM,Arsitektur Teknologi,Sistem informasi.


References


Bernard, Scott A. 2005. The Strategic Use of Enterprise Architecture, Washington.

Yunis, Roni & Surendro. 2009. Perancangan Model Enterprise Architecture dengan Togaf Architecture Development Method. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2009) . E-25 – E-31 Yogyakarta.

The Open Group. 2011. TOGAF Version 9.1 Van Haren. United State.

Zachman, J. A. (2003). The Zachman Framework For Enterprise Architecture: Primer for Enterprise Engineering and Manufacturing. Zachman International. Retrieved 12 1, 2014

Sefrika Entas (2016). perancangan arsitektur enterprise perguruan tinggi Vol 18, No 1 (2016)

Gultom , (2013). Perancangan Strategis Sistem Informasi Akademik Menggunakan The Open Group Architecture Framework (TOGAF) Dengan Architercture Development Methodology (ADM). Jurnal MEDIA SISFO Vol. 8, No.2. Jambi.

Muhammad Fikri (2015)analisis dan perancangan sistem informasi.

Enkas, 2016. Perancangan Arsitektur Enterprise Perguruan Menggunakan Togaf ADM. Paradigma. Vol. XVIII. No.1. Amik Bsi Jakarta.

Fikri, 2015. Analisis Dan Perancangan Technology Architecture Dengan Framework Togaf Adm. E-Proceeding of Engineering. Vol.2. No.2. Page 5095.

O’Rourke, dkk, (2003). Architecture is the design of all types of structures, both physical and conceptual, both real and virtual. Thomson: Canada.

Cook, Melissa A. 1996. Building Enterprise Information Architectures: Reengineering Information Systems.Prentice-Hall PTR : New Jersey.

IBM Corp. 1981.Business System Planning-Information Systems Planning Guide. International Business Machines Corporation.

Turban, Efraim, dkk. 2006. Information Technology for Management, Transforming Organizations in The Digital Economy”. John Wiley & Sons,Inc : New Jersey.

Kurniawan, Hendra., 2015. Penggunaan Enterprise Architecture Planning Dalam Pemodelan Bisnis Pendidikan dan Pelatihan (Studi Kasus: Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kab. Lampung Tengah). Jurnal Teknologi Informasi Magister Vol. 1 No. 02. Hal 192-202

Laudon, Kenneth C. & Laudon, Jane P. 1999. Management Information Systems: Organization and Technology in the Networked Enterprise. Prentice Hall : New Jersey.

Zwass, Vladamir.1998. Foundation of Information System. Prentice hall : New Jersey.

Erwin Budi Setiawan. 2009. Pemilihan EA Framework. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2009).B-114 – B-119.

Open Group, (2009). IT Governance Roundtable. IT Governance Institute.United States Of America

Surendro, (2009). Pengembangan Perencaaan Induk Sistem Informasi, Informatika. Bandung.

The Open Group. 2011. TOGAF Version 9.1. United Kingdom: Van Haren Publishing.

Porter, Michael, "What is strategy?" Harvard Business Review v74, n6 (Nov-Dec, 1996):61 (18 pages).Rosmala, (2007). Business Process Modeling Notation

Fowlet (2007). Design and UML Class Diagrams. University Of Washington.




DOI: https://doi.org/10.30873/simada.v2i2.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data)

Diatur by: Departemen Sistem Informasi IIB Darmajaya
Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id, E-mail: simada@darmajaya.ac.id

Flag Counter

 

 View Jurnal SIMADA StatCounter

 Creative Commons License

Jurnal SIMADA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.