MEMETAHKAN MODEL DETERMINASI PERSPEKTIF SUSTAINABILITY DI PERGURUAN TINGI KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI

Anuar Sanusi, Winda Rika Lestari

Abstract


Program kegiatan berkelanjutan perguruan tinggi saat ini belum sesuai dengan luaran yang diharapkan, yaitu; belum ada standarisasi sebuah model keberlanjutan (sustainability) di perguruan tinggi yang aplikabel dan efektif. Model program keberlanjutan (sutainability) di perguruan tinggi Kota Bandarlampung yang aplikabel dan efektif dalam upaya meningkatkan daya saing perguruan tinggi belum pernah dilakukan; dan kajian tentang model program perspektif keberlanjutan (sustainability) di perguruan tinggi Kota Bandarlampung belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model keunggulan bersaing yang berkesinambungan sebagai bentuk keunggulan dalam menciptakan strategi berbasis sumberdaya perguruan tinggi; menjelasan (eksplanatoris) melalui arahan operasional variabel penelitian berdasarkan variabel – variabel perspektif pertumbuhan & pembelajaran, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, dan perspektif internal /bisnis internal sebagai variabel bebas (independe) dan variabel terkait dengan issu masalah penelitian yaitu perspektif sustainability sebagai variabel terikat (dependen); dan untuk menemukan sebuah konsep yang mendasar dari keunggulan bersaing yaitu tercipta nilai dan distribusi, yang diinisiasi dengan keberadaan teknologi informasi untuk mendukung model keberlanjutan perguruan tinggi di Bandarlampung. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian adalah ditemukannya model keberlanjutan, bahwa determinasi keterkaitan variabel pertumbuhan & pembelajaran, keuangan, pelanggan, dan internal /bisnis internal merupakan faktor-faktor strategis untuk mewujudkan perspektif keberlanjutan perguruan tinggi berdaya saing tinggi.
Metode penelitian ini, yaitu metode survei penjelasan (explanatory survei method) yang mengandung deskripsi, dan penelitian relasional terfokusnya pada penjelasan hubungan antar variabel. Variabel Perspektif pertumbuhan & Pembelajaran, diukur melalui indikator - indikator yang merupakan ciri dari variabel ini, yang dioperasionalkan menjadi pernyataan, dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Variabel perspektif keuangan dengan pendekatan total performance scorecard, diukur melalui indikator-indikator yang merupakan ciri dari variabel ini, yang dioperasionalkan menjadi pernyataan, dengan menggunakan data sekunder dari perguruan tinggi. Pendekatan prototipe model perguruan tinggi keberlanjutan (sustainability) menggunakan Panel Least Square (PLS) dengan bantuan program Eviews Versi 8.

Kata Kunci: Sustainability, Pertumbuhan & Pembelajaran, Keuangan, Pelanggan, dan Internal /Bisnis Internal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id