PENGARUH PENGENDALIAN PERSEDIAAN DAN MATERIAL HANDLING TERHADAP DISTRIBUSI PAKAN KONSENTRAT DI KPSBU LEMBANG

Sucita Kencana Rahim, Asep Kurniawan

Abstract


Kelancaran distribusi pakan konsentrat ternak sapi perah di KPSBU ke peternak tidak lancar dikarenakan kurangnya pengendalian persediaan pakan konsentrat dan material handling. Penelitian bertujuan menghasilkan kajian tentang pengaruh pengendalian persediaan dan material handling terhadap distribusi pakan konsentrat.
Penelitian bersifat deskriptif dan verifikatif dengan metode survei, dilakukan di KPSBU Lembang Jawa Barat dengan menggunakan sampel jenuh 35 pegawai dibidang produksi. Pengujian hipotesis menggunakan metode analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan: (1)Variabel pengendalian persediaan secara keseluruhan memiliki kategori terkendali, material handling memiliki kategori lancar, dan distribusi memiliki kategori cukup. (2)Terdapat pengaruh positif pengendalian persediaan terhadap distribusi. Artinya semakin terkendali pengendalian persediaan akan memberikan dampak positif terhadap distribusi. (3)Terdapat pengaruh positif material handling terhadap distribusi. Artinya semakin lancar kegiatan material handling akan memberikan dampak positif terhadap distribusi. (4)Terdapat pengaruh secara simultan pengendalian persediaan dan material handling terhadap distribusi pakan konsentrat di KPSBU adalah positif. Artinya kegiatan pengendalian persediaan terkendali dengan baik dan tidak terhambatnya kegiatan material handling akan menentukan kelancaran distribusi. Dengan kata lain lancar tidaknya distribusi pakan konsentrat dapat dijelaskan oleh terkendali tidaknya pengendalian persediaan dan lancar tidaknya kegiatan material handling yang dilakukan pihak KPSBU.


Kata kunci: Pengendalian Persedian, Material Handling, Distribusi, Pakan Konsentrat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id