PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT

Mgs M Ilyas

Abstract


Mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Salah satu indikator dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit adalah pelayanan pendaftaran pasien. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti tertarik melakukan pengamatan dan analisis terhadap pelayanan pendaftaran pasien di rumah sakit berserta faktor yang mempengaruhinya.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, yang diarahkan untuk memberikan gambaran tentang pelayanan pendaftaran pasien di rumah sakit. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan observasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa waktu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan baru di RS X Palembang hanya membutuhkan waktu ≤ 8,5 menit dan ≤ 7 menit untuk pasien lama artinya lebih cepat dari yang standar yaitu ≤ 10 menit. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya pelayanan pendaftaran pasien di RS X adalah: pasien yang tidak membawa kartu berobat, tidak membawa dokumen yang dibutuhkan seperti kartu identitas, tidak membawa surat rujukan untuk pasien rujukan, belum paham prosedur selaim itu juga usia, tingkat pendidikan, latar belakang sosial ekonomi, budaya, lingkungan fisik, pekerjaan, kepribadian dan pengalaman hidup. Aspek berikutnya yaitu: waktu tunggu pelayanan, sikap pemberi layanan, kejelasan informasi yang diberikan, sarana dan prasarana, dan keterjangkauan biaya.


Kata kunci: Pelayanan, Pendaftaran, Pasien, dan Rumah Sakit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Prosiding Seminar Nasional Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:


PROSIDING SEMINAR NASIONAL DARMAJAYA

Diatur Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: IIB Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

E-mail: ProsidingSemnasDJ@darmajaya.ac.id